Dampak Positif dan Negatif Sering Menghayal

Menghayal merupakan sesuat yang umum dilakukan oleh seseorang. Berhayal masih dianggap wajar bila hanya dilakukan sesekali dalam waktu yang singkat.


Sedangkan berhayal yang perlu mendapat perhatian ialah bila dilakukan terus- menerus, dalam jangka panjang, tidak dapat membedakan antara keadaan real dan hayaan, mengganggu aktivitas sehari- hari, menurunkan produktivitas, dan mengganggu hubungan anda dengan orang- orang disekitar anda.

Seseorang seringkali berhayal bisa dikarenakan kurang puas dengan keadaannya dikehidupan nyata, hubungan sosial yang kurang baik dengan orang lain di kehidupan nyata, mengalami depresi, gangguan kepribadian, dan lama- kelamaan dapat mengarah pada gangguan psikotik.

Bila anda merasa mendengar suara- suara yang tidak dapat didengar orang lain, atau anda melihat sesuatu yang tidak dapat dilihat orang lain atau disebut dengan halusinasi, atau anda meyakini sesuatu yang tidak sesuai dengan kenyataan (waham), anda merasa ada perubahan suasana hati yang berubah- ubah antara bahagia dan rasa sedih, atau anda merasa terganggu dengan kebiasaan anda berhayal maka baiknya anda memeriksakan diri ke dokter spesialis kejiwaan.

Anda dapat mengkonsultasikan dengan dokter mengenai keadaan anda dan keluhan- keluhan anda, dokter akan melakukan wawancara, pemeriksaan kesehatan, riwayat penyakit anda dan keluarga, sehingga dapat diketahui penyebab keluhan anda.


Beberapa hal yang dapat anda lakukan:

  • Kurangi kebiasaan menghayal, kontrol diri anda
  • Tingkatkan komunikasi dan hubungan dengan orang- orang disekitar anda terutama keluarga dan teman- teman anda
  • Syukuri hal- hal yang anda miliki
  • Libatkan diri anda dalam kegiatan dan positif
  • Jangan membiarkan diri anda sering dalam keadaan sendiri sehingga akan membuat anda kembali berhayal


Akibat dari banyak Menghayal :

Rentan mengalami gejala pada kepala


Biasanya orang suka berkhayal, maka akan cenderung terkena sakit kepala, ini disebabkan karena terlalu pusing. berifikir keras atau berkhayal keras dapat menimbulkan gangguan pada saraf otak dan membuat urat kepala selalu menegang.

Tidak Bergairah


Menghayal sering dilakuakn seseorang dimana saja tanpa mengenal tempat, seperti pada saat berdiam diri, sedang di perjalanan dan bahkan saat sedang beribadah seperti sholat. kerap manusia itu berkahayal, selain godaan syaitan ini juga disebabkan dorongan dari sendiri, setelah berkhayal biasanya seseorang itu terkejut jika dipanggil namanya. dan semangat diri sangat kurang, bahkan selalu malas karena badan lemas.

Emosi Meningkat


Orang yang suka berkhayal 70 persennya suka marah dan merajuk atau ngembek,dan yang lebih rentan adalah mudah tersinggung. mungkin hayalannya sudah tinggi.

Geger otak/ Frustasi


Sudah bisa dipastikan orang yang menghayal itu fikirannya sudah di luar nalar, jadi ini jadi itu, bisa terjadi semua, namanya saja dunia kahayalan apapun bisa terjadi karena memang dia berkuasa pada kahayalannya. jika sering terjadi akan menimbulkan gangguan pada otak, ini tidak jauh berbeda dengan orang yang hobi maen game, dalam benaknya aktor yang ia mainkan dalam Geme adalah dirinya sendiri. jika terjadi kekalahan pada permainan maka ini akan membuatnya resah dan frustasi namun tak ingin berhenti dan terus mencoba.

Gangguan Jiwa


Menghayal bisa menimbulkan gangguan jiwa.? ini adalah pertanyaan yang sudah lama ditanyakan, menurut beberapa kasus yang terjadi yang dibeberkan media masa.jawaban adalah iya, dan memang benar karena menghayal itu tidak memberi dampak positif pada pelaku bahkan sebaliknya.

Alasan yang paling tepat membedakan khayalan dan impian adalah dampak atau inputnya jika seorang manusia memiliki keinginan sudah dapat dipastikan khayalannya pasti ada. kahayalan kenapa tidak pernah terwujud.? karena itu hanya fiktif belaka dan tidak ada dalam dunia nyata. kalo sudah bisa diterima nalar berarti itu bukanlah kahayalan.

0 Response to "Dampak Positif dan Negatif Sering Menghayal"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel