Dampak Positif dan Negatif Dari Senioritas

Didalam suatu organinasi pastinya ada yang namanya pilih kasih ataupun senioritas yang dilakukan oleh orang yang berada didalamnya. Hal ini tentunya kerap terjadi bahkan ditempat saya bekerja saat ini.

Senioritas merupakan masalah yang sering kita jumpai dalam suatu organisasi ataupun dunia pendidikan, tentunya hal ini tidak menyenangkan melainkan suatu bentuk tindakan yang tidak pantas diterapkan dalam organisasi.

Sikap senioritas ini tidak luput dari penyakit Megalomania dari seorang senior. Megalomania adalah gangguan kejiwaan yang berhubungan dengan kekuasaan.

Menurut Robert Fuller dan Jullie Ann senioritas bisa juga disebut sebagai Rankism. Rankism merupakan suatu sikap memanfaatkan kedudukan (kekuasaan) yang diperoleh untuk memerintah atau memperlakukan orang lain.

Perlakuan tersebut muncul karena adanya perbedaan tingkat seperti lamanya bekerja, pengalaman maupun usia.

Apa saja dampak negatif dari senioritas?

Selain berdampak positif, sebuah senioritas juga memiliki dampak negatif menurut Liliaf, yaitu: Memunculkan penyalahgunaan senioritas yaitu pemanfaatan status senior secara berlebihan dan memunculkan perilaku yang tidak wajar dan semena-mena dari senior yang mungkin saja melanggar HAM.

Apa manfaat senioritas?

Senioritas menghemat waktu, mudah, dan cara yang tidak menyakitkan untuk membuat keputusan promosi. Biasanya ada korelasi antara senioritas dan kinerja. Sampai pada titik tertentu, para karyawan pada umumnya menjadi lebih kompeten dipekerjaannya manakala mereka menimba pengalaman.

Apa dari dampak negatif?

Dampak Negatif adalah dampak yang menimbulkan turunnya harkat, martabat, citra, kepercayaan, nama baik dan/ a tau mengganggu kelancaran pelaksanaan tugas Unit Kerja, instansi, dan/atau pemerintah/negara.

Apa perbedaan pengaruh negatif dan positif?

Pengaruh positif berarti menunjukkan perubahan kearah yang lebih baik, sedangkan pengaruh negatif berarti menunjukkan perubahan kearah yang lebih buruk dari sebelum adanya pembangunan yang dilakukan.

Pengaruh positif itu apa?

Jadi pengertian dampak positif adalah keinginan untuk membujuk, meyakinkan, mempengaruhi atau memberi kesan kepada orang lain, dengan tujuan agar mereka mengikuti atau mendukung keinginannya yang baik.

Mengapa senioritas terjadi?

Awal mula tujuan dari senioritas adalah untuk membentuk dan mendidik mahasiswa baru atau junior agar dapat menjadi lebih baik dalam memegang setiap tanggung jawab mereka dan juga untuk membuat satu angkatan lebih solid.

Apa itu senioritas dan contohnya?

Menurut KBBI, senioritas adalah keadaan yang lebih tinggi dalam pangkat, pengalaman, dan usia. Dalam dunia sekolah, senioritas dilakukan oleh murid yang tingkat kelas-nya lebih tinggi (Senior) kepada para murid yang tingkat kelas-nya lebih rendah (Junior) dengan cara menekan para junior tersebut sesuai keinginannya.

Apa itu budaya senioritas?

Senioritas sendiri secara gramatikal memiliki makna prioritas atau tingkatan yang diperoleh dari umur, pengalaman atau lamanya pekerjaan. Budaya senioritas dimiliki oleh orang-orang yang memiliki pola pikir bahwa ada tingkatan perihal senior dan junior dalam sebuah lingkungan dan menjadikan itu perbedaan.

Apakah kelebihan dan kekurangan sama dengan positif dan negatif?

Pengertian positif adalah dampak baik dari suatu kejadian atau permasalahan,sedangkan dampak negatif adalah dampak buruk yang memperburuk keadaan atau suatu peristiwa. kelebihan adalah sesuatu hal yang melebihi kemampuan,ketampakan, yang lainnya,sedangkan kekurangan adalah suatu hal yang kurang dari yang lainnya.

Apa saja dampak positif dan dampak negatif dari perubahan sosial?

Dampak positif perubahan sosial adalah munculnya nilai dan norma yang lebih sesuai dengan tuntutan perkembangan zaman, berkembangnya lembaga sosial baru, dan pesatnya perkembangan teknologi. Dampak negatif perubahan sosial adalah munculnya disorganisasi sosial, cultural shock, dan cultural lag.

Dampak positif apa yang akan terjadi apabila kita memiliki sikap toleransi?

Dengan sikap toleransi yang dimiliki seseorang akan meningkatkan rasa persaudaraan. Akan timbul rasa kasih sayang kepada sesama meski memiliki perbedaan. Apalagi Indonesia merupakan negara yang mejemuk penduduknya. Adanya sikap toleransi maka akan timbul rasa nasionalisme pada diri sendiri.

Apa saja dampak positif etnosentrisme?

Salah satu dampak positif dari etnosentrisme adalah adanya rasa memiliki dan ingin memperteguh rasa cinta pada kebudayaan kelompok tertentu. Sedangkan sikap fanatisme berlebihan merupakan dampak negatif dari sikap etnosentris, di mana seseorang akan memberi penilaian buruk pada kebudayaan lain.

Apa perbedaan manfaat dan dampak positif?

Dampak positif terknologi digital antara lain mempercepat komunikasi dan mempermudah pekerjaan, sedangkan dampak negatifnya antara lain menumbuhkan individualisme, fitnah, dan sikap anti sosial.

Apa dampak positif dan negatif dari kemajuan teknologi?

Keberagaman masyarakat Indonesia memiliki dampak positif bagi diri sendiri, masyarakat, bangsa dan Negara. Dampak positif memberikan manfaat bago perkembangan dan kemajuan, sedangkan dampak negatif mengakibatkan ketidakharmonisan bahkan kehancuran bangsa dan Negara.

Apa dampak positif dan negatif dari keberagaman masyarakat Indonesia?

Dampak positif globalisasi antara lain, berkembangnya pengetahuan dan teknologi, mempertinggi pandangan hidup kerja, sampai arus ekonomi yg semakin tinggi. Sedangkan dampak negatif globalisasi merupakan terjadinya kesenjangan sosial, hingga pola hayati konsumtif, tentu menjadi faktor yang merugikan.

Apa dampak positif dan negatif yang ditimbulkan dari globalisasi terhadap karakter masyarakat Indonesia?

Dampak negatif media sosial bagi pelajar selanjutnya yaitu anak menjadi malas. Penggunaan media sosial yang berlebihan akan membuat anak menjadi malas untuk berinteraksi atau berkomunikasi di dunia nyata. Tidak hanya itu saja, anak juga akan malas belajar dan memilih menghabiskan waktunya untuk membuka media sosial.

Apa dampak negatif media sosial bagi remaja?

Dampak negatif media sosial bagi pelajar selanjutnya yaitu anak menjadi malas. Penggunaan media sosial yang berlebihan akan membuat anak menjadi malas untuk berinteraksi atau berkomunikasi di dunia nyata. Tidak hanya itu saja, anak juga akan malas belajar dan memilih menghabiskan waktunya untuk membuka media sosial.

Sejak kapan senioritas itu ada?

Senioritas sendiri lebih ke arah hubungan interaksi antar kelompok yang memiliki jenjang umur serta pengalaman yang berbeda dalam lingkungan yang sama. Senioritas ini diperkirakan sudah ada sejak jaman berburu dan meramu, atau sekitar 80.000 tahun yang lalu.

Kenapa senioritas terjadi?

Awal mula tujuan dari senioritas adalah untuk membentuk dan mendidik mahasiswa baru atau junior agar dapat menjadi lebih baik dalam memegang setiap tanggung jawab mereka dan juga untuk membuat satu angkatan lebih solid.

Apa manfaat senioritas?

Senioritas menghemat waktu, mudah, dan cara yang tidak menyakitkan untuk membuat keputusan promosi. Biasanya ada korelasi antara senioritas dan kinerja. Sampai pada titik tertentu, para karyawan pada umumnya menjadi lebih kompeten dipekerjaannya manakala mereka menimba pengalaman.

Apa beda senior dan senioritas?

Senioritas berkaitan dengan tingkatan menurut pangkat, jabatan, atau usia. Ada orang disebut lebih senior apabila pangkatnya lebih tinggi. Ada yang disebut senior karena jabatannya lebih tinggi.

Apa itu senioritas dalam organisasi?

Senioritas menurut Wahyudi (dalam Hamzah, dkk, 2013) diartikan sebagai lamanya masa kerja seseorang yang diakui organisasi, baik pada jabatan yang bersangkutan maupun dalam organisasi secara keseluruhan. Dalam senioritas tercermin pula pengertian usia serta pengalaman kerja seseorang.

Apakah arti senioritas menurutmu?

Senioritas adalah keadaan lebih tinggi dalam pangkat, pengalaman serta usia, yaitu prioritas status atau tingkatan yang diperoleh dari umur, lamanya bekerja atau bersekolah.

Apa itu senioritas di kampus?

Sebenarnya apa itu senioritas di kampus? Fenomena ini adalah pengelompokan mahasiswa berdasarkan tingkat lama tidaknya mahasiswa tersebut di kampus. Mahasiswa dibagi dalam dua kelompok yakni kelompok mahasiswa lama atau senior dan kelompok mahasiswa junior atau mahasiswa yang baru masuk kampus.

Apa itu senioritas dalam sekolah?

Bagi yang belum tau senioritas adalah keadaan atau tingkatan lebih tinggi dalam segi usia, pangkat maupun pengalaman. Hal ini kerap terjadi diberbagai tempat dari sekolah, kampus, dan kantor. Senioritas lebih terkenal dalam bidang Pendidikan.

DAMPAK POSITIF DAN NEGATIF DARI SENIORITAS

A. DAMPAK POSITIF

1. Mendidik junior agar tidak melanggar aturan yang telah ditetapkan
2. Junior mendapatkan masukan dan saran agar menjadi lebih baik dari sebelumnya
3. Pemberi semangat bagi junior
4. Menjadi contoh yang baik bagi junior
5. Wadah informasi dan sumber informasi tak tertulis

B. DAMPAK NEGATIF 

1. Senioritas terkadang mengambil hak seorang junior
2. Memperlakukan junior semena-mena terkadang melanggar HAM
3. Membuat junior takut bertanya karena adanya mindset negatif tentang senior
4. Mendapatkan ancaman bila senior melanggar aturan
5. Memberikan informasi yang tidak jelas sehingga membuat senior menjadi takut dan tidak nyaman dengan lingkungan yang ada.

Masih banyak sisi positif dan negatif yang sering kita temukan dalam suatu organisasi ataupun dalam dunia pendidikan.Tradisi senioritas sudah turun temurun dari dulu sehingga hal ini sangat sulit dipisahkan dalam suatu organisasi.

Oleh karena itu, jika kamu seorang senior cobalah memberi contoh yang baik bagi orang yang baru bergabung dengan kamu. Jadilah contoh agar ia menjadi pribadi yang baik sehingga sifat senioritas agar tidak mendarah daging.

Demikianlah sedikit ulasan mengenai dampak positif dan negatif dari senioritas, artikel singkat ini bukan bermaksud untuk menyinggung seseorang atau kelompok melainkan memberi informasi bagi para senior dan junior yang ada diseluruh Indoensia. Terima kasih!

Jurnal tentang senioritas di sekolah

Download File PDF

- Kekerasan Dalam Senioritas Di Lingkungan KLIK DISINI

- Pengaruh Budaya Senioritas terhadap Kepercayaan Diri Senioritas KLIK DISINI

- Senioritas Dan Perilaku Kekerasan Dikalangan Masyarakat KLIK DISINI

- Jurnal Sosialisasi Pendidikan Sosiologi-FIS UNM Asmita KLIK DISINI

Artikel terkait : manfaat senioritas, sikap senioritas yang baik, apakah senioritas diperlukan, debat tentang senioritas, tujuan senioritas, senioritas dalam organisasi, materi senioritas, pernyataan tentang senioritas, kasus senioritas di sekolah, contoh senioritas di sekolah, makalah tentang senioritas, pengertian senioritas di sekolah, materi senioritas, penyebab senioritas,