Dampak Positif dan Negatif Dari Senioritas

Didalam suatu organinasi pastinya ada yang namanya pilih kasih ataupun senioritas yang dilakukan oleh orang yang berada didalamnya. Hal ini tentunya kerap terjadi bahkan ditempat saya bekerja saat ini.

Senioritas merupakan masalah yang sering kita jumpai dalam suatu organisasi ataupun dunia pendidikan, tentunya hal ini tidak menyenangkan melainkan suatu bentuk tindakan yang tidak pantas diterapkan dalam organisasi.

Sikap senioritas ini tidak luput dari penyakit Megalomania dari seorang senior. Megalomania adalah gangguan kejiwaan yang berhubungan dengan kekuasaan.

Menurut Robert Fuller dan Jullie Ann senioritas bisa juga disebut sebagai Rankism. Rankism merupakan suatu sikap memanfaatkan kedudukan (kekuasaan) yang diperoleh untuk memerintah atau memperlakukan orang lain. Perlakuan tersebut muncul karena adanya perbedaan tingkat seperti lamanya bekerja, pengalaman maupun usia.

DAMPAK POSITIF DAN NEGATIF DARI SENIORITAS

A. DAMPAK POSITIF

1. Mendidik junior agar tidak melanggar aturan yang telah ditetapkan
2. Junior mendapatkan masukan dan saran agar menjadi lebih baik dari sebelumnya
3. Pemberi semangat bagi junior
4. Menjadi contoh yang baik bagi junior
5. Wadah informasi dan sumber informasi tak tertulis

B. DAMPAK NEGATIF 

1. Senioritas terkadang mengambil hak seorang junior
2. Memperlakukan junior semena-mena terkadang melanggar HAM
3. Membuat junior takut bertanya karena adanya mindset negatif tentang senior
4. Mendapatkan ancaman bila senior melanggar aturan
5. Memberikan informasi yang tidak jelas sehingga membuat senior menjadi takut dan tidak nyaman dengan lingkungan yang ada.

Masih banyak sisi positif dan negatif yang sering kita temukan dalam suatu organisasi ataupun dalam dunia pendidikan. Tradisi senioritas sudah turun temurun dari dulu sehingga hal ini sangat sulit dipisahkan dalam suatu organisasi.

Oleh karena itu, jika kamu seorang senior cobalah memberi contoh yang baik bagi orang yang baru bergabung dengan kamu. Jadilah contoh agar ia menjadi pribadi yang baik sehingga sifat senioritas agar tidak mendarah daging.

Demikianlah sedikit ulasan mengenai dampak positif dan negatif dari senioritas, artikel singkat ini bukan bermaksud untuk menyinggung seseorang atau kelompok melainkan memberi informasi bagi para senior dan junior yang ada diseluruh Indoensia. Terima kasih!

0 Response to "Dampak Positif dan Negatif Dari Senioritas"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel