8 Rezeki Yang Dijaminkan Allah SWT Untuk Manusia, Bagaimana Cara Mendapatkannya

Halo Sobat ALKOYENDRA.COM kali ini saya sedikit share tentang "8 rezeki yang dijamin Allah SWT untuk manusia" dan cara mendapatkan rezeki yang tak terduga tersebut sesuai dengan ajaran Islam. Soal rezeki dari Al-Qur'an, ternyata sangat banyak dan beragam rahasia atau alasan dalam pemberian rezeki tersebut. Tak usah khawatir adapun cara untuk mendapatkan rejekinya juga dibocorkan.

8 Rezeki Yang Dijaminkan Allah SWT Untuk Manusia, Bagaimana Cara Mendapatkannya

Allah SWT sudah menjamin rezeki setiap orang. Tapi, bukan berarti manusia lantas hanya berpangku tangan. Dalam hidup, ia perlu memenuhi kebutuhannya, maka ia harus bekerja untuk mencari nafkah, mengupayakan rezeki dari Allah. Walaupun rezeki itu sifatnya sulit ditebak terkadang bahkan tidak disangka-sangka, namun  Allah memberikan bocorannya melalui  Al qur’an.

Disana dijelaskan tentang rezeki yang Allah berikan pada manusia. Ternyata ada beragam rahasia atau alasan dalam pemberian rezeki tersebut.

Berikut ini 8 asbab rezeki yang disebutkan dalam al qur’an:

1.Rezeki Yang Telah Dijamin.


وَمَا مِن دَابَّةٍ فِي الْأَرْضِ إِلَّا عَلَى اللَّهِ رِزْقُهَا وَيَعْلَمُ مُسْتَقَرَّهَا وَمُسْتَوْدَعَهَا كُلٌّ فِي كِتَابٍ مُّبِينٍ

Tidak ada satu makhluk melata pun yang bergerak di atas bumi ini yang tidak dijamin ALLAH rezekinya.” (Q.S. Hud : 6).

2. Rezeki Karena Usaha.


وَأَن لَّيْسَ لِلْإِنسَانِ إِلَّا مَا سَعَى

Tidaklah manusia mendapatkan apa-apa kecuali apa yang dikerjakannya.” (Q.S. An-Najm : 39).

3. Rezeki Karena Bersyukur.


لَئِن شَكَرْتُمْ لَأَزِيدَنَّكُمْ وَلَئِن كَفَرْتُمْ إِنَّ عَذَابِي لَشَدِيدٌ

Sesungguhnya jika kamu bersyukur pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu.” (Q.S. Ibrahim : 7).

4. Rezeki Tak Terduga.


وَمَن يَتَّقِ اللَّهَ يَجْعَل لَّهُ مَخْرَجًا( ) وَيَرْزُقْهُ مِنْ حَيْثُ لَا يَحْتَسِبُ

Barangsiapa yang bertakwa kepada ALLAH nescaya Dia akan menjadikan baginya jalan keluar dan memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka-sangkanya.” (Q.S. At-Thalaq : 2-3).

5. Rezeki Karena Istighfar.


فَقُلْتُ اسْتَغْفِرُوا رَبَّكُمْ إِنَّهُ كَانَ غَفَّارًا ( ) يُرْسِلِ السَّمَاءَ عَلَيْكُم مِّدْرَارًا

Beristighfarlah kepada Tuhanmu, sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun, pasti Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat, dan memperbanyak harta.” (Q.S. Nuh : 10-11).

6. Rezeki Karena Menikah.


وَأَنكِحُوا الْأَيَامَىٰ مِنكُمْ وَالصَّالِحِينَ مِنْ عِبَادِكُمْ وَإِمَائِكُمْ إِن يَكُونُوا فُقَرَاءَ يُغْنِهِمُ اللَّهُ مِن فَضْلِهِ

Dan nikahkanlah orang-orang yang masih membujang di antara kamu, dan juga orang-orang yang layak dari hamba sahayamu baik laki-laki dan perempuan. Jika mereka miskin, maka ALLAH akan memberikan kecukupan kepada mereka dengan kurnia-Nya.” (Q.S. An-Nur : 32).

7. Rezeki Karena Anak.


وَلَا تَقْتُلُوا أَوْلَادَكُمْ خَشْيَةَ إِمْلَاقٍ نَّحْنُ نَرْزُقُهُمْ وَإِيَّاكُمْ

Dan janganlah kamu membunuh anak-anakmu kerana takut miskin. Kamilah yang akan menanggung rezeki mereka dan juga (rezeki) bagimu.” (Q.S. Al-Israa’ : 31).

8. Rezeki Karena Sedekah.


مَّن ذَا الَّذِي يُقْرِضُ اللَّهَ قَرْضًا حَسَنًا فَيُضَاعِفَهُ لَهُ أَضْعَافًا كَثِيرَةً

“Siapakah yang mahu memberi pinjaman kepada ALLAH, pinjaman yang baik (infak; sedekah), maka ALLAH akan melipat gandakan pembayaran kepadanya dengan lipatan yang banyak.” (Q.S. Al-Baqarah : 245).

Rezeki yang datang dari Allah tentunya perlu kita syukuri. Sebab, rezeki bukan semata-mata datang karena kehebatan usaha kita sendiri, melainkan jatuh ke tangan kita karena kuasa Allah dan ridho-Nya.



Cara Mendapatkan Rezeki

 Namun untuk mengundang datangnya rezeki, ada banyak amal ibadah yang dilakukan. Khususnya saat memulai aktifitas di pagi hari, ada empat amalan untuk memperlancar datangnya rezeki.

1. Melaksanakan Salat Tahajud


Waktu yang paling utama melaksanakan salat Tahajud adalah dengan melakukan pada sepertiga malam. Rasulullah SAW bersabda;

" Ketika kalian tidur, setan membuat tiga ikatan di tengkuk kalian. Di setiap ikatan setan akan mengatakan ‘malam masih panjang, tidurlah !’ Jika ia bangun lalu berdzikir pada Allah, lepaslah satu ikatan, kemudian jika ia berwudhu, lepas lagi ikatan berikutnya. Selanjutnya jika ia mengerjakan shalat, lepaslah ikatan yang terakhir. Di pagi hari dia akan bersemangat dan bergembira. Jika tidak melakukan seperti ini, jiwanya jadi kotor dan malas" . (HR Bukhari)

Jika kita bangun dan melaksanakan shalat tahajud, maka akan berpengaruh pada peningkatan motivasi kerja.

2. Membaca Doa Pagi Hari


Berdoa dan berharap kepada Allah SWT semata untuk meminta ampunan, memohon kebaikan akhirat dan kebaikan dunia agar dilancarkan segala rezeki. Rasulullah SAW bersabda;

" Rabb kita Tabaraka Wa Taala turun setiap malam ke langit dunia hingga tersisa sepertiga malam terakhir, lalu Dia berkata ‘Siapa yang berdoa kepadaKu, aku akan memperkenankan doanya. Siapa yang meminta kepadaKu, pasti akan Kuberi. Dan siapa yang meminta ampun kepadaKu, pasti akan aku ampuni’”. (HR Bukhari dan Muslim)

3. Bersedekah di Pagi Hari


Sedekah sebenarnya bisa dilakukan dalam waktu apapun, namun akan lebih baik jika dilakukan pada pagi hari. Ini karena setiap malaikat akan mendoakan orang yang bersedekah pada pagi hari. Rasulullah SAW bersabda;

" Tidaklah berlalu pagi di setiap hari kecuali ada dua malaikat yang turun dan berdoa “ Ya Allah berikanlah ganti pada yang berinfaq” Sedangkan malaikat yang satunya berdoa “ Ya Allah berikanlah kebangkrutan bagi yang enggan berinfaq” (HR Bukhari dan Muslim)

4. Melaksanakan Salat Dhuha


Apa istimewanya melaksanakan salat Dhuha? Rasulullah SAW bersabda;

" Engkau membersihkan dahak yang ada dalam Masjid adalah sedekah, engkau menyingkirkan sesuatu yang mengganggu dari jalan adalah sedekah. Maka jika engkau tidak menemukannya (sedekah sebanyak itu) maka dua rakaat dhuha sudah mencukupimu" . (HR Abu Dawud)

Salat Dhuha dua rakaat, maka setara dengan bersedekah 360 kali yang merupakan hak dari persendian yang kita miliki. Sedangkan apabila kita melaksanakan shalat dhuha empat rakaat maka Allah akan menjamin atas rezeki kita.


Kegagalan mencari rezeki


• Malas

Malas akan menggagalkan seseorang untuk mendapatkan rezeki. Rasa malas akan semakin bertumpuk jika seseorang tidak bergerak sama sekali. Seorang yang malas tidak akan mungkin mendapatkan rezeki yang banyak dari Tuhan.

• Putus asa

Rezeki memang ditetapkan oleh Tuhan, namun rezeki tidak datang jika anda tidak berusaha untuk mencarinya. Putus asa sebelum anda berusaha, Tuhan tidak akan memberikan rezeki pada anda yang berputus asa sebelum anda berjuang. Keputus asaan tersebut akan menenggelamkan rezeki anda sendiri, bukankah anda yang akan rugi ketika tidak ada rezeki yang masuk pada kantong anda?

• Kurang pergaulan

Orang yang hanya berdiam diri dirumah, menutup diri dengan lingkungan sekitar, itu salah satu hal yang bisa menutup rezeki mereka. Jika anda banyak bergaul, orang disekitar anda bisa membantu anda untuk mendapatkan rezeki yang anda butuhkan. Banyak pergaulan, banyak teman dan anda akan banyak rezeki, ini bukan sekedar omongan tapi kenyataan yang harus anda lihat dan rasakan.

• Tidak jujur

Kejujuran akan memudahkan anda untuk mendapatkan rezeki sedangkan bila anda tidak jujur, Tuhan tidak akan memberikan anda sepeser pun rezeki. Bersikap jujur pada diri sendiri dan orang lain, niscaya anda akan mendapatkan rezeki dengan cara yang mudah dan cepat


Demikianlah sedikit potongan ayat Al-Qur'an tentang rezeki yang dijamin Allah SWT untuk umat manusia. Selalu berbuat baik terhadap sesama manusia, berdoa serta usaha, melaksanakan ibadah dengan baik dan selalu meminta do'a kepada kedua orangtua kita merupakan salah satu kunci keberhasilan dalam mencapai suatu tujuan, jika ada kekurangan dalam postingan ini seperti salah dalam penulisan serta hal lainnya, mohon beritahu / hubungi admin melalui Contact Us. 

Keyword :

apa saja yang dimaksud rezeki dalam islam, konsep rezeki dalam islam, pembagian rezeki menurut islam, pengertian rezeki menurut para ahli tafsir, pertanyaan tentang rezeki menurut islam, rezeki adalah ketentuan allah, sifat rezeki, hadits tentang rezeki yang tak terduga 


0 Response to "8 Rezeki Yang Dijaminkan Allah SWT Untuk Manusia, Bagaimana Cara Mendapatkannya "

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel