Ayat-ayat Al-Quran Tentang Kasih Sayang Dan Cinta

Halo sobat ALKOYENDRA.COM kali ini saya sedikit share tentang kasih sayang dan cinta yang terdapat dalam Al-quran.

Kasih sayang merupakan sesuatu yang dianugerahkan Pencipta kepada manusia sehingga kasih sayang sudah tertanam di dalam diri masing-masing invidu sejak ia lahir. Kasih sayang ternyata memiliki arti yang sangat luas.


Islam juga banyak berbicara tentang cinta, dalam al-Quran banyak kita temui ayat-ayat yang berbicara tentang cinta, diantaranya adalah sebagai berikut.

Ayat-ayat Al-Quran Tentang Cinta

بِسۡمِ ٱللَّهِ ٱلرَّحۡمَٰنِ ٱلرَّحِيمِ

Artinya: Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang (Q.S. Al Fatihah : 1)

Ayat pertama dalam Al-Quran ini telah memberikan gambaran tentang cinta Allah kepada seluruh yang ada di Alam smeseta ini. Sehingga sifat kasih sayang itu kemudian diberikan juga kepada manusia sebagai ciptannya.

إِنَّهُ مِنْ سُلَيْمَانَ وَإِنَّهُ بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ

Artinya: Sesungguhnya surat itu, dari SuIaiman dan sesungguhnya (isi)nya: "Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang (Q.S. An-Naml : 30)

Ayat ini menjelaskan bahwa sejak zaman nabi Sulaiman sudah ada kalimat basmalah, bahkan dalam surat-surat yang beliau tulis di dalamnya ada kalimat basmalah, yaitu kalimat yang menyatakan maha rahman dan maha rahimnya Allah.

قُلۡ إِن كُنتُمۡ تُحِبُّونَ ٱللَّهَ فَٱتَّبِعُونِي يُحۡبِبۡكُمُ ٱللَّهُ وَيَغۡفِرۡ لَكُمۡ ذُنُوبَكُمۡۚ وَٱللَّهُ غَفُورٞ رَّحِيمٞ

Artinya: Katakanlah: "Jika kamu (benar-benar) mencintai Allah, ikutilah aku, niscaya Allah mengasihi dan mengampuni dosa-dosamu". Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang (QS Ali Imran : 31)

Di ayat ini ada kata “tuhibbuna” yang secara Bahasa artinya “kalian mencintai”, dakam terjemahan hanya disebutkan kamu tetapi itu dalam bentuk jamak. Di sini disebutkan bahwa jika “kalian mencintai Allah” artinya bahwa mencintai Allah adalah mutlak dengan melaksanakan segala perintah dan menjauhi segala larangannya. Agar kita terselamatkan dari siksanaannya, karena Allah itu maha mencintai makhluknya. Menyesatkan diri manusia ke lembah kenistaan adalah manusia itu sendiri.

ٱلۡأَخِلَّآءُ يَوۡمَئِذِۢ بَعۡضُهُمۡ لِبَعۡضٍ عَدُوٌّ إِلَّا ٱلۡمُتَّقِينَ

Artinya: Teman-teman akrab pada hari itu sebagiannya menjadi musuh bagi sebagian yang lain kecuali orang-orang yang bertakwa (QS Az Zukhruf : 67)

Teman-teman akbar yang dimaksud dalam ayat ini adalah mereka yang hanya memandang pertemanan dalam hal duniawi semata, sehingga ketika terjadi sedikit saja gesekan maka mereka akan bermusuhan. Hal ini berbanding terbalik dengan orang yang beriman, karena dengan keimanannya kepada Allah, maka mereka akan menjaga kualitas pertemanan dengan baik, karena pertemanan yang baik adalah yang selalu mengingatkan akan kebaikan dan akhirat kelak, itulah sebenarnya cinta yang hakiki antara sesam manusia.

زُيِّنَ لِلنَّاسِ حُبُّ ٱلشَّهَوَٰتِ مِنَ ٱلنِّسَآءِ وَٱلۡبَنِينَ وَٱلۡقَنَٰطِيرِ ٱلۡمُقَنطَرَةِ مِنَ ٱلذَّهَبِ وَٱلۡفِضَّةِ وَٱلۡخَيۡلِ ٱلۡمُسَوَّمَةِ وَٱلۡأَنۡعَٰمِ وَٱلۡحَرۡثِۗ ذَٰلِكَ مَتَٰعُ ٱلۡحَيَوٰةِ ٱلدُّنۡيَاۖ وَٱللَّهُ عِندَهُۥ حُسۡنُ ٱلۡمَ‍َٔابِ

Artinya: Dijadikan indah pada (pandangan) manusia kecintaan kepada apa-apa yang diingini, yaitu: wanita-wanita, anak-anak, harta yang banyak dari jenis emas, perak, kuda pilihan, binatang-binatang ternak dan sawah ladang. Itulah kesenangan hidup di dunia, dan di sisi Allah-lah tempat kembali yang baik (surga). (QS Ali Imran : 14)
Manusia diberikan keinginan untuk mencintai wanita kemudian terjadilah pernikahan, lalu memiliki anak yang dicintainya pula. Selain itu ada pula harta benda yang dicintainya, tetapi semuai itu hanyalah keindahan dan kesenangan dunia semata. Sehingga jika diberi maka itu menjadi amanah sekaligus cobaan apakah yang harus dijaga dan dimanfaatkan dengan baik sesuai dengan perintah agama, karena keindahan dan kesenangan sesungguhnya itu ada di surga.

وَمِنۡ ءَايَٰتِهِۦٓ أَنۡ خَلَقَ لَكُم مِّنۡ أَنفُسِكُمۡ أَزۡوَٰجٗا لِّتَسۡكُنُوٓاْ إِلَيۡهَا وَجَعَلَ بَيۡنَكُم مَّوَدَّةٗ وَرَحۡمَةًۚ إِنَّ فِي ذَٰلِكَ لَأٓيَٰتٖ لِّقَوۡمٖ يَتَفَكَّرُونَ

Artinya: Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya diantaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berfikir. (QS Ar Ruum : 21)

Allah telah menciptakan istri dari jenis manusia hanya saja berbeda jenis kelamin. Diciptakannya pasangan hidup ini agar manusia merasa tentram (memiliki cinta dan kasih sayang) dan dapat menghasilkan generasi berikutnya di dunia.

عَسَى ٱللَّهُ أَن يَجۡعَلَ بَيۡنَكُمۡ وَبَيۡنَ ٱلَّذِينَ عَادَيۡتُم مِّنۡهُم مَّوَدَّةٗۚ وَٱللَّهُ قَدِيرٞۚ وَٱللَّهُ غَفُورٞ رَّحِيمٞ

Artinya: Mudah-mudahan Allah menimbulkan kasih sayang antaramu dengan orang-orang yang kamu musuhi di antara mereka. Dan Allah adalah Maha Kuasa. Dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang (QS Al Mumthahanah: 7)

Selain cinta, manusia juga memiliki rasa benci sehingga dari rasa benci inilah muncul permusuhan antara manusia yang satu dengan yang lainnya. Namun dalam benci itu Allah akan memberikan kasih sayang agar mereka berbaikan, menjalin kembali silaturahmi yang sempat terputus oleh karena suatu hal.

إِنَّ ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ وَعَمِلُواْ ٱلصَّٰلِحَٰتِ سَيَجۡعَلُ لَهُمُ ٱلرَّحۡمَٰنُ وُدّٗا

Artinya: Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan beramal saleh, kelak Allah Yang Maha Pemurah akan menanamkan dalam (hati) mereka rasa kasih sayang. (QS Maryam : 96)

Orang-orang yang beriman dan yang beramal saleh, merupakan orang-orang yang dekat dengan Allah. Mereka selalu melaksanakan perintah Allah dan menjauhi segala larangannya. Dari sinilah hati mereka selalu berbuat baik kepada sesama manusia karena di dalam hati mereka tertanam cinta dan kasih sayang yang Allah turunkan.

وَأَيُّوبَ إِذۡ نَادَىٰ رَبَّهُۥٓ أَنِّي مَسَّنِيَ ٱلضُّرُّ وَأَنتَ أَرۡحَمُ ٱلرَّٰحِمِينَ

Artinya: Dan (ingatlah kisah) Ayub, ketika ia menyeru Tuhannya: "(Ya Tuhanku), sesungguhnya aku telah ditimpa penyakit dan Engkau adalah Tuhan Yang Maha Penyayang di antara semua penyayang". (QS Al Anbiya : 83)

Kisah nabi Ayub as. tentang kisah kesabaran seorang hamba yang diberikan cobaan di atas batas kekuatan manusia. Nabiyullah ini diberi cobaan berupa sakit, kemudian kehilangan anak, istri dan harta bendanya, namun dengan kesabarannya sehingga Allah mencintainya dan menggantikan apa yang hilang itu dengan yang lebih baik. Nabi Ayub as. setelah sakit diberi istri yang muda dan cantik, kemudian dikarunia anak yang banyak. Cinta dan kesabaran adalah kunci utama dalam menghadapi segala cobaan yang diberikan Allah kepada kita.

أَفَلَا يَتُوبُونَ إِلَى ٱللَّهِ وَيَسۡتَغۡفِرُونَهُۥۚ وَٱللَّهُ غَفُورٞ رَّحِيمٞ

Artinya: Maka mengapa mereka tidak bertaubat kepada Allah dan memohon ampun kepada-Nya?. Dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (QS Al Maidah : 74)

وَمَن يَعۡمَلۡ سُوٓءًا أَوۡ يَظۡلِمۡ نَفۡسَهُۥ ثُمَّ يَسۡتَغۡفِرِ ٱللَّهَ يَجِدِ ٱللَّهَ غَفُورٗا رَّحِيمٗا

Artinya: Dan barangsiapa yang mengerjakan kejahatan dan menganiaya dirinya, kemudian ia mohon ampun kepada Allah, niscaya ia mendapati Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (QS An Nisa : 110)

أَلَمۡ يَعۡلَمُوٓاْ أَنَّ ٱللَّهَ هُوَ يَقۡبَلُ ٱلتَّوۡبَةَ عَنۡ عِبَادِهِۦ وَيَأۡخُذُ ٱلصَّدَقَٰتِ وَأَنَّ ٱللَّهَ هُوَ ٱلتَّوَّابُ ٱلرَّحِيمُ

Artinya: Tidaklah mereka mengetahui, bahwasanya Allah menerima taubat dari hamba-hamba-Nya dan menerima zakat dan bahwasanya Allah Maha Penerima taubat lagi Maha Penyayang. (Q.S. At Taubah: 104)

إِلَّا ٱلَّذِينَ تَابُواْ وَأَصۡلَحُواْ وَبَيَّنُواْ فَأُوْلَٰٓئِكَ أَتُوبُ عَلَيۡهِمۡ وَأَنَا ٱلتَّوَّابُ ٱلرَّحِيمُ

Artinya: kecuali mereka yang telah taubat dan mengadakan perbaikan dan menerangkan (kebenaran), maka terhadap mereka itulah Aku menerima taubatnya dan Akulah Yang Maha Menerima taubat lagi Maha Penyayang. (QS Al Baqarah : 160)

Bagi mereka yang selalu berbuat dosa, Allah memberi jalan taubat untuk kembali menginsfkan diri, dan merenungi kembali dosa-dosanya kemudian meninggalkannya. Taubat yang dimaksud adalah taubat yang sebenar-benarnya taubat (taubatan nasuha), bukan yang hanya main-main saja. Dari taubat tersebut Allah akan mengampuni segala dosa yang pernah dilakukan, karena Allah itu maha pengampun lagi Maha penyayang.

وَإِلَٰهُكُمۡ إِلَٰهٞ وَٰحِدٞۖ لَّآ إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ ٱلرَّحۡمَٰنُ ٱلرَّحِيمُ

Artinya: Dan Tuhanmu adalah Tuhan Yang Maha Esa; tidak ada Tuhan melainkan Dia Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. (Q.S. Al Baqarah: 163)

Allah itu Maha Esa, artinya bahwa tidak ada tuhan lagi selain Allah, sehingga sebagai umat Islam kita patut meyakini ketauhidan Tuhan itu, dengan begitu maka Allah akan mencurahkan kasih sayangnya kepada kita baik di dunia maupun di akhirat kelak. Wallahu a'lam.