Selain Keren, Ternyata Dark Mode Bikin Baterai Menjadi Hemat, Instagram, WhatsApp, & Facebook

Halo sobat ALKOYENDRA.COM ulasan kali ini yaitu Fitur dark mode pada aplikasi android seperti  Instagram, WhatsApp & Facebook. Fitur dark mode belakangan ini tengah menjadi tren setelah diluncurkan di iOS 13, Android 10, dan aplikasi Instagram.

Dark Mode Instagram


Instagram secara resmi menyediakan fitur dark mode bagi pengguna iPhone dengan iOS 13. Mode gelap ini hanya bisa diaktifkan jika ponsel juga berada dalam mode gelap. Jika mode gelap ponsel ini mati, maka tampilan Instagram juga akan kembali putih cerah seperti sebelumnya.

Lantas, bagaimana cara untuk mengaktifkan mode gelap ini?

Sebagaimana disebutkan sebelumnya, yang bisa menikmati fitur dark mode adalah pengguna iPhone dengan iOS 13 seperti dilansir laman CNN Indonesia, Selasa (8/10/2019). Hal ini berarti, jika ponselmu nggak memiliki sistem ini, tampilan Instagram nggak bisa diubah ke mode gelap. Jika kamu sudah memiliki ponsel dengan tipe ini, langkah pertama yang ditempuh yakni dengan mengaktifkan mode gelap pada ponsel. Pilihlah ke bagian Settings, lalu klik bagian Display, dan kemudian pilih Dark Mode.

Setelah itu, kamu perlu mengunduh versi teranyar Instagram karena versi lawas tidak menyediakan mode gelap. Jika sudah terunduh, Instagram akan secara otomatis menjadi gelap. Kalau ternyata kamu nggak menyukai mode ini, kamu tinggal mematikan mode gelap di pengaturan ponsel iPhone dan tampilan Instagram akan kembali seperti semula.

Bagaimana dengan Instagram yang dipakai pengguna ponsel Android?

Mode gelap Instagram di ponsel Android juga hanya bisa diaktifkan jika ponselmu memiliki mode tersebut. Mode ini hanya didukung ponsel dengan sistem operasi Android 10. Ponsel Android versi 9 atau Oreo ke bawah nggak memiliki fitur ini. Selain itu, fitur ini baru bisa disediakan pada Instagram versi beta. Jika pengin memakai Instagram versi beta, kamu hanya perlu membuka App Store dan mencari “You’re a Beta Tester”. Setelah itu, pilihlah  “Join Beta” dan perbarui Instagram versi beta. Hal ini akan membuat Instagram secara otomatis berganti ke Dark Mode.

WhatsApp Dark Mode di Android


Meskipun pengguna Android sudah bisa mencicipi WhatsApp dark mode, tetapi kamu membutuhkan perangkat yang sudah terpasang Android Q – saat ini masih versi Beta – untuk bisa mengaktifkannya. Jika memilikinya, kamu bisa mengaktifkan mode gelap ini melalui Settings, lalu masuk ke bagian Display. Pada bagian pengaturan di Android Q tersebut, kemudian pilih Select Theme dan pilih opsi Dark.

Setelah dark mode aktif di level sistem, selanjutnya buka pengaturan Developer options. Jika pengaturan ini belum muncul, kamu bisa mengaktifkannya melalui Settings dan masuk ke About Phone, lalu menekan berulang kali Build Number sampai muncul pesan “Developer options is turned on”.

Setelah masuk ke dalam halaman pengaturan Developer options, cari dan aktifkan opsi Override force-dark. Dengan mengaktifkan opsi tersebut, seharusnya aplikasi yang mendukung mode gelap (termasuk WhatsApp) akan secara otomatis menggunakan mode tersebut.

WhatsApp Dark Mode di iOS

Bagi pengguna perangkat iOS, WhastApp Dark Mode sudah bisa digunakan sejak iOS 11 atau yang lebih baru. Caranya, kamu hanya perlu mengaktifkan fitur Smart Invert, yakni fitur khusus untuk membalikkan warna layar di perangkat iOS. Untuk menggunakannya, kamu hanya perlu masuk ke halaman Settings, lalu memilih Accessibility. Cari dan pilih opsi Display Accommodations, kemudian pilih Invert Colors, dan aktifkan Smart Invert.

Atau jika tidak, kamu juga bisa menggunakan fitur dark mode iOS 13 yang saat ini masih dalam tahap Beta. Kamu bisa mengaktifkannya melalui Settings, lalu masuk ke bagian Display & Brightness. Selanjutnya, kamu tinggal memilih opsi Dark pada bagian Appearance.

Untuk menghadirkan pengalaman mode gelap yang lebih utuh, baik untuk perangkat Android maupun iOS, kamu bisa menggunakan wallpaper WhatsApp dengan warna yang lebih gelap.

Dark Mode For Facebook


Facebook baru saja menggulirkan fitur dark mode di Instagram dan disambut baik oleh penggunanya. Kini, fitur ini kemungkinan akan hadir di aplikasi facebook di android.

Informasi ini dibocorkan oleh Jane Machun Wong, peneliti teknologi. Melalui blog pribadinya ia memaparkan adanya kode yang menunjukkan Facebook baru-baru ini mulai mengujicobakan dark mode dalam aplikasi seluler mereka. "Dark mode ini tampaknya masih tahap awal pengembangan, dapat dimengerti. Untuk saat ini hanya beberapa bagian tertentu yang mendukung dark mode. Misalnya, tampil gelap di teks pada background gelap dan sebaiknya," tulisnya dalam blog pribadinya, seperti dikutip CNBC Indonesia dari 9to5Mac Rabu (9/10/2019).

Belum diketahui kapan fitur dark mode akan tersedia di aplikasi facebook. Namun bagi Jane Machun merupakan hal yang wajar bila facebook membutuhkan waktu untuk memperbaikin fitur dark mode dan tersedia secara keseluruhan. Sebelumnya, pada April lalu fitur dark mode sudah tersedia untuk Facebook Messenger.

Dark mode kini lagi jadi tren. Banyak pengguna menuntut hadirnya fitur ini di aplikasi. Alasannya, fitur ini bisa menghemat daya baterai dan tidak menyakiti mata ketika lama menatap layar.

0 Response to "Selain Keren, Ternyata Dark Mode Bikin Baterai Menjadi Hemat, Instagram, WhatsApp, & Facebook"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel