Cara Membuat Form Pengisian Tabel Pada Excel 2016 - Panduan Lengkap Microsoft Excel

Membuat form pada Excel tidak begitu sulit, pada materi Belajar Sambil Berbagi Ilmu kali ini kita akan membahas sedikit mengenai form tersebut. Tujuannya adalah untuk mempermudah pengisian data dan menemukan data yang ingin kita edit tanpa harus cek satu per satu pada tabel data. Sebelum menggunakan fitur ini kita harus mengaktifkannya terlebih dahulu.


Ketika bekerja dengan Excel, kita mungkin pernah membuat tabel data yang kompleks dan besar. Memasukkan data ke dalam Excel adalah pekerjaan yang memakan waktu. Kita memasukkan data ke sel Excel, kemudian berpidah ke sel di sebelah kanannya dan memasukkan data kembali.

Kemudian berpindah ke baris di bawahnya dan memasukkan data kembali dimulai dari sel pertama pada baris tersebut dan begitu seterusnya.

Formulir input data Excel dapat membantu mempercepat proses memasukkan data ke dalam sel Excel. Formulir input data juga dapat mencegah kesalahan memasukkan data.

Label di formulir input data membantu memastikan kita memasukkan data yang benar. Membuat formulir input data di Excel tidak sulit. Excel telah menyediakan perintah untuk membuat formulir input data (tombol Form).

Cara Mengaktifkan Form Pada Microsoft Excel 2016 :

1. Klik File dipojok kanan paling atas
2. Pilih Option, berada paling bawah

3. Maka akan tampil Excel Option, pilih Quick Acces Toolbar. Setelah itu pada bagian Choose Command Form pilih All Command dan cari tulisan Form.

4. Selanjutnya kita akan sediakan sebuah tabel untuk mengisi data. kemudia Blok tabel tersebut dan klik icon form maka akn tampil sebuah dialog form pengisian data dan kita bisa langsung mengisi data sesuai dengan keperluan.

Itulah sedikit materi pada hari ini, semoga Belajar Sambil Berbagi Ilmu tentang Cara Membuat Form Pengisian Tabel Pada Excel 2016, bermanfaat bagi pembaca yang telah berkunjung ke Blog sederhana ini dan saya harap bisa membantu. Terima kasih

Keyword : cara membuat aplikasi excel untuk database, cara membuat database dengan excel disertai form entri data, cara membuat aplikasi excel otomatis, cara membuat aplikasi input data dengan excel 2007, cara membuat userform input data di excel, cara membuat database karyawan dengan excel, download form input data excel