Sebenarnya Apa Sih Yang Keluar Dari Isi Perut Belalang Sembah

Beberapa hal yang kita anggap misterius terjadi pada kehidupan hewan, salah satunya adalah kehidupan belalang yang satu ini yaitu belalang sembah.

Saat tubuh belalang dimasukkan ke dalam air, keluarlah sesuatu yang aneh dari dalam perutnya, panjang seperti rambut yang panjang, cacing, ataupun semacam kawat. Sebenarnya itu apa, ya?

Larva Cacing Bulu Kuda
Sebenarnya, ini sudah secara ilmiah terjadi dan bukanlah hal yang baru.

Sesuatu yang aneh seperti rambut yang keluar dari tubuh belalang itu ternyata adalah larva cacing bulu kuda atau disebut juga dengan cacing Gordian (filum Nematomorpha).
Nah, larva cacing itu merupakan parasit yang hidup di tubuh serangga atau belalang (krustasea).

Tumbuh Sebagai Parasit
Sebenarnya, cacing bulu kuda ini banyak ditemukan di tempat yang berair, seperti kolam renang, sungai, genangan air, atau tangki air.

Cacing bulu kuda yang dewasa biasanya hidup dengan bebas, tapi larvanya sering menjadi parasit di tubuh serangga, kumbang, belalang, kecoak atau jangkrik.

Larva cacing bulu kuda bertumbuh di tubuh inangnya (serangga atau belalang tadi) sampai siap untuk keluar dan hidup bebas di alam.

Hal yang paling mengerikan adalah, makhluk ini bisa tumbuh antara 50-100 cm dan bahkan ukuran tubuh cacing bulu kuda yang paling ekstrem bisa mencapai 200 cm.

Bisa Mengendalikan Pikiran Inangnya
Persis seperti zombie, serangga atau belalang hidup tapi dikendalikan oleh cacing bulu kuda ini.

Sebab, cacing ini bisa mengambil alih pikiran inangnya dan memengaruhi serangga atau belalang itu untuk melompat ke kolam, waduk, sungai, dan tempat berair lainnya.

Hal ini dilakukan cacing tersebut untuk keluar dari tubuh inangnya dan membuat parasit atau larva yang baru.

Nah, sekarang sudah tahukan, teman-teman?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel