Ternyata 9 Serangga Ini Bermanfaat Untuk Kesuburan Tanaman Di Kebun Loh!

Banyak orang yang mengira tak ada jenis serangga bermanfaat untuk tanaman di kebun dan di taman. Beberapa sisi positif dan negatif tentunya ada pada serangga. Salah satu contohnya adalah spesies serangga hama yang berbahaya dan hanya merusak tanaman buah dan sayuran di kebun.

Faktanya, ada beragam spesies serangga bermanfaat yang justru menguntungkan bagi pertumbuhan dan perkembangbiakan tanaman. Menurut seorang Guru Besar Fakultas Biologi Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Profesor Imam Widhiono, justru serangga sangat dibutuhkan tanaman. Bahkan, 80% proses penyerbukan tanaman sangat bergantung pada adanya campur tangan serangga.

Serangga sangat bermanfaat untuk membantu meningkatkan kesuburan tanaman dan hasil pertanian. Berikut ini beberapa jenis serangga yang termasuk golongan serangga bermanfaat bagi kebun dan pertanian Anda.

9 Serangga Bermanfaat Bagi Tanaman dan Perkebunan

1. Kepik
Hewan yang memiliki corak polkadot hitam merah atau hitam oranye ini ternyata tidak hanya lucu namun juga bermanfaat untuk tanaman. Kepik dewasa dan larvanya diketahui senang memangsa serangga dan hama kecil perusak tanaman seperti tungau, kutu daun, dan semut kecil. Jika ingin mengundang kepik ke kebun Anda, cobalah tanam tanaman yang mereka sukai seperti tanaman aster dan bunga matahari.

Kepik atau ladybug adalah serangga berukuran kecil berwarna merah dengan tujuh titik di punggungnya. Kepik atau ladybug tak hanya berwarna merah. Ada juga yang berwarna kuning dan oranye. Pola di tubuh mereka juga beragam, tidak hanya tujuh titik hitam. Teman-teman tidak udah heran, karena kepik terdiri dari 5.000 spesies. Banyak, kan? Namun, yang paling terkenal adalah kepik bertubuh merah dengan tujuh titik di punggungnya.

Keberuntungan - Di dalam banyak kebudayaan, kepik dianggap sebagai hewan pembawa keberuntungan. Salah satunya oleh petani. Banyak petani yang suka dengan kepik, karena hewan ini suka memakan kutu daun dan hama pemakan tanaman. Jadi, secara tidak langsung, kepik cantik ini sudah menjaga tanaman di kebun petani yang luas. Karena itulah, petani sangat suka dengan kepik. Selama hidupnya, kepik bisa memakan 5.000 ekor serangga, lo.

Warna Cerah Anti Pemangsa - Kepik punya tubuh berwarna cerah. Ternyata, warna cerah itu bisa melindungi mereka dari serangan pemangsa. Di dunia hewan, warna cerah dianggap sebagai sesuatu yang beracun. Karena itu, hewan yang berwarna cerah jarang dimangsa. Jika ada pemangsa yang nekad, kepik akan mengeluarkan cairan berminyak dan kotor dari sendi di kaki mereka. Kadang, mereka juga suka pura-pura mati untuk menghindari pemangsa.

2. Kupu-kupu
Serangga bermanfaat berikutnya juga terbilang memiliki tampilan yang sangat cantik dan menarik pandangan siapapun. Kupu-kupu sangat bermanfaat untuk membantu proses penyerbukan biotik pada banyak tanaman, terutama tanaman hias. Tidak hanya itu, kupu-kupu juga adalah serangga yang mempunyai peranan penting dalam ekosistem biologi dan rantai makanan. Bahkan, karena kupu-kupu sensitif terhadap cuaca, banyak ilmuwan memanfaatkan kupu-kupu untuk memantau perubahan iklim.

Selain itu kupu-kupu juga memiliki manfaat yang lain loh :
  • Menyerbuki bunga - Semua dari kita tahu bahwa selama ini lebah telah membantu bunga dalam proses penyerbukan. Tapi kebanyakan orang tidak sadar jika kupu-kupu juga melakukan tugas ini. Meskipun kupu-kupu tidak dapat membawa serbuk sari sebanyak yang dibawa oleh lebah, namun kupu-kupu memiliki kelebihan dibandingkan dengan lebah. Yakni kupu-kupu bisa terbang lebih jauh dari lebah.
  • Menjaga kelangsungan ekosistem - Kupu-kupu juga sangat berguna dalam menjaga kelangsungan ekosistem. Alasannya adalah bahwa mereka memainkan peran ganda dalam sebuah rantai makanan. Baik itu sebagai mangsa atau predator, memakan dan dimakan oleh makhluk hidup lainnya. Selain itu, rentang hidup mereka yang singkat juga efektif dalam menunjukkan perubahan ekosistem.
  • Menyediakan antibiotik - Antibiotik sangat penting untuk pengobatan berbagai jenis infeksi bakteri. Namun, banyak orang tidak menyadari bahwa beberapa spesies kupu-kupu memberi kita antibiotik yang terbukti sangat penting untuk menyelamatkan nyawa. Salah satunya adalah jenis kupu-kupu cokelat padang rumput yang tersebar di wilayah Inggris. Kupu-kupu tersebut terbukti efektif dalam memerangi pertumbuhan Staphylococcus Aureus, bakteri yang telah membunuh 90.000 orang setiap tahun di AS.
  • Membantu menyingkirkan serangga pengganggu - Kupu-kupu akan membantu menyingkirkan serangga yang dapat mengancam hidup tanaman. Kita umumnya berpikir jika kupu-kupu hanya makan tumbuhan, tetapi kupu-kupu ternyata juga suka memakan kutu. Serangga kecil ini sering memakan getah tanaman serta membantu menularkan virus dari tanaman ke buah-buahan dan sayuran.


3. Belalang Sembah
Jika Anda masih sering menemukan belalang sembah di kebun dan area pertanian, maka Anda patut bersyukur. Belalang sembah diketahui memiliki peran sebagai pemangsa bagi berbagai jenis hama tanaman, serangga kecil, sekaligus larvanya. Dengan bantuan belalang sembah, tanaman Anda dijamin aman dari kutu daun, nyamuk, ulat, kumbang, hingga jangkrik.

4. Tawon
Mirip seperti belalang sembah, tawon lebih dikenal sebagai hewan pemangsa yang dapat juga membantu menjaga ekosistem. Menurut Hari Nugroho, peneliti LIPI, tawon ternyata memiliki peran sebagai pengendali hama hayati di kebun dan pertanian. Selain itu, tawon juga memiliki peran dalam proses penyerbukan karena tawon sering menyerap nektar bunga sebagai sumber energi.
Tawon juga terlibat dalam penyerbukan, sebuah peran yang cenderung diabaikan. Meskipun mereka tidak menyerbuki dengan tingkat yang sama dengan lebah, namun mereka dapat bertindak sebagai cadangan yang baik di habitat yang tidak ada lebah

5. Lebah Bunga
Meskipun masih satu kerabat, lebah bunga berbeda dari tawon karena lebah dapat menghasilkan madu.Fungsi utama lebah bagi tanaman adalah untuk membantu proses penyerbukan dengan membantu menyebarkan benang sari bunga.

Tanpa adanya bantuan dari pollinator seperti lebah, bunga-bunga tentu akan lebih kesulitan untuk melakukan proses penyerbukan. Hewan koloni ini senang hingga pada bunga-bunga cerah seperti bunga matahari, lavender, dan juga lemon balm.

6. Lacewings
Sebagaimana ditunjukan pada namanya, lacewings adalah jenis serangga yang yang memiliki sayap lebar dan panjang serupa kain renda (lace).Lacewings adalah salah satu jenis serangga bermanfaat yang suka berkeliling dan menyerap nektar dari satu tanaman ke tanaman lainnya.Selain itu, mereka juga sangat suka memangsa kutu daun, telur ngengat, thrips, dan berbagai jenis hama tanaman lainnya.

Jadi, selain sebagai agen penyerbukan, lacewings juga bisa menjadi predator yang memangsa hama-hama tanaman.

7. Kumbang Tanah
Jangan hanya lihat hewan ini dari penampilannya, karena kumbang tanah adalah salah satu serangga yang bermanfaat untuk tanaman Anda.Umumnya, hewan bertubuh warna hitam dan berkaki panjang ini suka memangsa hama-hama yang berbahaya bagi sayuran.

Jadi, apabila Anda ingin menanam sayuran di rumah, jangan lupa lengkapi dengan bebatuan, potongan kayu dan tanah pelindung untuk menarik kedatangan mereka.

8. Capung
Capung adalah salah satu bagian penting dalam daftar serangga bermanfaat untuk tanaman dan perkebunan. Kehadiran serangga ini dapat membantu melindungi tanaman dari berbagai jenis hama karena makanan utamanya adalah aphids dan serangga hama.

Selain itu, capung juga dapat membantu menjaga lingkungan lebih sehat karena hewan ini bekerja sebagai predator alami nyamuk dan menjaga populasinya tetap terkendali.

9. Laba-laba
Serangga bermanfaat yang terakhir adalah laba-laba. Meskipun peran laba-laba yang satu ini kurang begitu terkenal, namun hewan ini telah sangat berjasa dalam menjaga stabilitas ekosistem tumbuhan. Pasalnya, jika di kebun atau taman rumah Anda tak ada laba-laba, maka risikonya kebun atau taman Anda akan diserbu oleh pasukan hama.

Anda pun tak perlu khawatir karena laba-laba yang ada di kebun adalah jenis laba-laba tak beracun dan dijamin takkan pernah memasuki rumah Anda.

Itulah sembilan jenis serangga yang menguntungkan bagi tanaman, semoga artikel ini bermanfaat untuk para pembaca dan jangan lupa di Share ya :)
Terima kasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel