Cara Menghidupkan Lampu Keyboard Laptop Viral di Tiktok

Alkoyendra.com - Akhir-akhir sedang viral di Tiktok dimana tutorial singkat cara menghidupkan lampu keyboard pada laptop yang membuat saya penasaran dan langsung mencobanya sendiri pada laptop asus. Namun sayangnya laptop jadul saya tidak support :D

alkoyendra.com - cara menghidupkan lampu pada keyboard laptop

Apa itu backlit pada keyboard?

Backlit / Backlight merupakan sebuah lampu yang terdapat pada keyboard sehingga kita dapat dengan mudah untuk melakukan aktifitas ketik-mengetik pada ruangan dengan kondisi cahaya minim.

Baca juga : cara mengubah fungsi tanda titik menjadi koma pada Microsoft excel

Selain berfungsi sebagai tanda untuk memperjelas tombol, backlit juga memiliki fungsi yang dapat menambah nilai estetika pada laptop tersebut.

Bagaimana cara menyalakan lampu di keyboard?

Simbol Backlight pada keyboard - alkoyendra.com

Cara untuk menghidupkan lampu pada keyboard tersebut tidaklah sulit asalkan pada laptop anda sudah mendukung fitur Backlight.

Baca juga : download microsoft office portable 2019 & 2020, hight compres

Silahkan perhatikan tombol backlight biasanya terletak pada tombol F1 sampai dengan F12 dengan symbol backlight seperti pada gambar diatas.

Cara Menyalakan Lampu Keyboard Lenovo

Tidak semua laptop Lenovo memiliki konfigurasi lampu latar. Periksa tombol spasi keyboard untuk mengetahui apakah laptop Lenovo Anda memiliki lampu latar atau tidak. Jika terdapat gambar ikon lampu, artinya laptop Anda memiliki lampu latar yang bisa dimanfaatkan. Cara menyalakan lampu keyboard Lenovo:

  • Tekan Fn + Spacebar keyboard. Untuk mengatur mode cahaya, gunakan tombol tersebut.

Cara Menyalakan Lampu Keyboard Asus

Tidak semua laptop Asus memiliki konfigurasi lampu latar. Salah satu contoh cara menghidupkan lampu keyboard Asus adalah memeriksa tombol F3 dan F4 untuk mengetahui apakah laptop Asus Anda memiliki lampu latar atau tidak. Jika terdapat gambar ikon lampu atau simbol backlight keyboard, artinya laptop Anda memiliki lampu latar yang bisa dimanfaatkan. Cara menyalakan lampu keyboard Asus:

  • Tekan Fn + F4 bersamaan untuk menambah kecerahan lampu latar keyboard
  • Tekan Fn + F3 bersamaan untuk menurunkan kecerahan dan menonaktifkan lampu latar keyboard

Proses penyalaan lampu pun bisa berbeda. Salah satu langkah awal adalah memeriksa buku manual atau tombol keyboard laptop. 

Cara Menyalakan Lampu Keyboard Acer

Tidak semua laptop Acer memiliki konfigurasi lampu latar. Cara menyalakan lampu keyboard Acer:

  • Tekan Fn + F9 bersamaan dan lampu keyboard akan menyala

Cara Menyalakan Lampu Keyboard Dell

Tidak semua laptop Dell memiliki konfigurasi lampu latar. Proses penyalaan lampu tiap tipe pun bisa berbeda. Salah satu langkah awal adalah memeriksa buku manual atau tombol keyboard laptop. Salah satu cara menyalakan lampu keyboard Dell yang bisa dilakukan menekan tombol F5 atau F10. Cahaya lampu yang dihasilkan mungkin tidak akan cerah dan harus dilihat dalam keadaan minim cahaya.

Cara Menyalakan Lampu Keyboard HP

Tidak semua laptop HP memiliki konfigurasi lampu latar keyboard. Cara menyalakan lampu keyboard laptop HP adalah menekan tombol F5 dan lampu akan menyala.

Pertanyaan yang sering muncul: