Cara Membuat Dropdown List Atau Combo Box - Panduan Lengkap Microsoft Excel

Apa Itu Combo Box? Combo Box adalah sebuah elemen berupa kotak yang memungkinkan kita memilih data dari list yang telah kita sediakan. Fungsi dari Combo Box adalah untuk mempermudah kita dalam menginput data tanpa mengulangi kata atau kalimat yang sama.

Untuk lebih jelas silahkan simak contoh kasus membuat Combo Box atau Dropdown List pada Microsoft Excel.

Contoh :
Saya memiliki 5 buah nama barang yang berbeda yang akan saya terapkan menjadi Combo Box atau Dropdown List. Barang-barang tersebut berupa : Sepatu, Sandal, Kaos Kaki, Sarung Tangan dan Topi.

Langkah Pertama - Pilih salah satu Cell dimana kita akan menerapkan Combo Box, kemudian masuk ke Tab Data > Pilih Data Validatoin > Klik tanpa panah kebawah dan pilih Data Validation...


Langkah Kedua - Setelah tampil Dialog Data Validation > pilih Tab Setting > Ubah Any Value menjadi List.


Langkah Ketiga - Isi data pada Source sesuai dengan keinginan kita. Sebagai pemisah kata satu dengan kata yang lain gunakan tanda (,) koma.

Maka hasilnya akan seperti ini.

Selain itu kita juga bisa mengambil data tanpa harus mengisi langsung seperti gambar diatas namun kita harus menyediakan data pada cell lain.

Langkah keempat - Caranya mengisi data pada Source > Klik terlebih dahulu agar kolom pengisian Souce aktif, kemudian blok data yang telah kita sediakan pada cell lain. Untuk lebih jelas silahkan perhatikan gambar dibawah ini.

Itulah sedikit materi pada hari ini, semoga Belajar Sambil Berbagi Ilmu pada hari ini bermanfaat bagi pembaca yang telah berkunjung ke Blog sederhana ini. Terima kasih

Keyword : cara membuat combo box di excel 2010, cara membuat combobox di vba excel, excel combobox link to sheet, membuat multi drop down list excel, cara membuat combo box di excel 2016, drop down list excel tidak muncul, combobox dinamis vba excel, data validation excel tidak berfungsi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel