Panduan Susunan Kerangka Makalah Dengan Baik Dan Benar - Edukasi

Pedoman Membuat Makalah Dengan Baik Dan Benar

A. Pengertian Makalah

Makalah adalah suatu karya tulis resmi yang mengenai suatu pokok bahasan yang telah disusun untuk dibacakan di suatu persidangan atau di muka umum. Selain itu kadang-kadang makalah juga diterbitkan. Akan tetapi menurut salah satu ahli bahasa menyatakan bahwa makalah merupakan karya ilmiah yang di dalamnya memuat pemikiran suatu topik masalah yang ditulis secara sistematis serta dianalisis secara rasional dan objektif (Tanjung Ardial : 2010). Tidak hanya itu Surahmad juga berpendapat bahwa makalah adalah segala jenis tugas kuliah secara tertulis yang harus diselesaikan, baik berupa karangan maupun pembahasan suatu buku yang menyangkut tentang pokok permasalahan.

B. Ciri-ciri Makalah

 Dibawah ini saya akan memberikan beberapa ciri-ciri makalah dari segi isi pembahasan di dalamnya, antara lain sebagai berikut :
  1. Berisi sebuah kajian literatur atau laporan suatu kegiatan di lapangan yang sesuai dengan pokok bahasan suatu mata pelajaran atau mata kuliah tertentu.
  2. Berisi pendemonstrasian pemahaman seorang pemakalah mengenai suatu permasalahan teori dan kemudian dikaji dengan menerapkan prosedur, teori, serta prinsip yang berhubungan dengan mata kuliah atau mata pelajaran tertentu.
  3. Dapat menggambarkan kemampuan seorang pemakalah dalam meramu berbagai teori dan informasi menjadi satu kesatuan yang utuh. Oleh sebab itu, makalah yang dibuat harus benar-benar tersusun dengan sempurna oleh pemakalah dengan cara selalu memperhatikan EYD, tata bahasa, etika menulis, etika mengutip, serta cara menyimpulkan gagasan dalam makalah tersebut juga harus diperhatikan.
  4. Suatu makalah harus memiliki sistematika yang paten. (dalam sub bab selanjutnya akan dibahas mengenai sistematika penulisan makalah yang baik dan benar). Tidak seperti karya sastra atau karya seni yang memiliki sistematika bebas.

C. Jenis-jenis Makalah

  1. Makalah Induktif. Yang dimaksud dengan makalah induktif adalah makalah yang disusun dengan berdasarkan hasil data empiris yang didapatkan melalui penelitian di lapangan, pastinya penelitian yang dilakukan penelitian yang masih relevan dengan pokok bahasan yang akan dibahas dalam makalah tersebut. Bisa disebut makalah induktif jika makalah tersebut dikembangkan dengan pola induksi, yaitu pada makalah tersebut harus diawali dengan hal-hal yang bersifat khusus lalu disimpulkan menjadi hal yang bersifat umum. Dalam artian kalimat utamanya berada di akhir paragraf.
  2. Makalah Deduktif. Yang dimaksud dengan makalah deduktif adalah makalah yang disusun dengan  berdasarkan suatu kajian teori yang dapat diperoleh dari literatur yang sudah ada. Dapat disebut makalah deduktif jika makalah tersebut dikembangkan dengan pola deduksi, yang dimaksud deduksi adalah makalah yang dijelaskan dari hal yang bersifat umum kemudian menuju ke sifat yang lebih khusus. Dalam artian paragraf utama berada di awal paragraf, kemudian diikuti oleh kalimat-kalimat pendukung.
  3. Makalah Campuran. Yang dimaksud dengan makalah  campuran adalah gabungan dari dua makalah yaitu gabungan antara makalah induktif dengan makalah deduktif, yang mana dasar penyusunannya adalah suatu kajian teoritis dan data empiris. Paragraf-paragraf dalam makalah ini diawali dengan hal yang umum yang diikuti dengan kalimat-kalimat penjelas bersifat khusus, kemudian ditutup lagi dengan kesimpulan yang bersifat umum.
Buat para pemula yang ingin menulis makalah ada beberapa hal yang sering dipertanyakan sebelum mereka membuat menulis sebuah makalah.  Salah satunya adalah format pengaturan kertas. Walaupun hanya permasalahan yang tidak serius, ukuran kertas adalah salah satu hal yang harus Anda perhatikan. Dalam hal ini bertujuan supaya makalah yang Anda buat tidak banyak revisi ataupun dicoret-coret oleh dosen atau guru Anda. Nah, biar lebih faham masalah ukuran kertas mari simak beberapa poin berikut ini untuk dapat membuat contoh makalah yang baik dan benar :
  1. Sampul makalah menggunakan Kertas Buffalo (boleh berwarna)
  2. Isi makalah menggunakan Kertas A4
  3. Model huruf: Times New Roman
  4. Ukuran huruf: 12
  5. Jarak spasi : 1,5
  6. Margin : 4 cm, Bawah : 3 cm, Kanan : 3 cm, dan Kiri : 4 cm

Sesudah Anda menyiapkan kertas dan faham format penulisannya, langkah selanjutnya adalah penulisan isi makalah. Disini saya akan menjelaskan bagaimana cara penulisan isi dari sebuah makalah. Perlu Anda ketahui bahwa makalah yang baik dan benar seharusnya mengandung 8 poin penting berikut ini:
  1. Cover Makalah
  2. Kata Pengantar Makalah
  3. Daftar Isi Makalah
  4. Pendahuluan Makalah
  5. Pembahasan Makalah
  6. Penutup Makalah
  7. Daftar Pustaka Makalah
  8. Lampiran Makalah (jika ada yang perlu dilampirkan)

Sebenarnya jika sebuah makalah diberi variasi seperti seperti lembar persembahan, motto penulis dan lain-lain, maka makalah tersebut akan terlihat lebih lengkap dan lebih bagus. Akan tetapi dalam pembuatan makalah adalah 8 poin diatas.

Baik  kawan para penulis, agar Anda lebih mengerti dan memahami bagaimana cara membuat cover makalah yang baik dan benar, dibawah ini akan saya paparkan satu persatu poin-poin di atas dengan langsung menggunakan contoh-contoh makalah berikut ini.

1. Contoh Cover Makalah (Sampul Depan)

sumber : romadecade.org
Lembar pertama dalam sebuah makalah atau buku disebut cover atau sampul. Yang dimaksud dengan cover makalah adalah bagian lembar pertama pada makalah yang dapat dilihat orang. Jadi,  cover makalah harus dibuat sempurna mungkin. Karena cover atau sampul makalah bisa mewakili isi makalah.

Tidak sedikit orang yang sudah merasa tahu isi dari sebuah makalah hanya dengan melihat sampulnya. Jangan sampai calon pembaca sudah merasa tidak suka terlebih dahulu saat pertama melihat sampul Anda sebelum membaca makalah Anda. Sekarang mari perhatikan beberapa hal dalam pembuatan cover sebuah makalah. Diantaranya sebagai berikut :
  1. Judul makalah: Terletak dibagian atas, ditulis dengan huruf kapital tebal, biasanya berukuran font 14.
  2. Logo sekolah/kampus/universitas: berada di bagian tengah cover, berukuran sedang dan berwarna sesuai logo sekolah atau kampus.
  3. Data lengkap penulis: Berisi nama, nomer induk dan kelas/jurusan pemakalah. Jika kelompok maka ditulis semua anggota kelompoknya. Tidak harus huruf kapital.
  4. Fakultas Kampus atau Sekolah: Jika mahasiswa tulis nama fakultas dan kampusnya. Jika masih Pelajar SMP atau SMA ya tulis nama sekolahnya.
  5. Kota dan tahun pembuatan makalah
Dalam pembuatan cover makalah semuanya harus menggunakan font 12 dan menggunakan baris rata tengah. Kebanyakan pemakalah ada juga yang mengganti logo sekolah atau kampusnya dengan tiga garis vertikal. Bagi Anda yang membuat makalah tanpa logo atau tiga garis vertikal tidak perlu khawatir, karena semua itu hanya variasi saja, tidak ada keharusan.

Teman-teman penulis semuanya yang pasti Anda semua ingin melihat langsung bagaimana contoh cover makalah yang baik dan benar. Dibawah ini contoh cover makalah yang baik dan benar.

2. Contoh Kata Pengantar Yang Baik Dan Benar

2.1 Contoh kata pengantar makalah
    Puji syukur alhamdulillah kami panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena telah melimpahkan rahmat-Nya berupa kesempatan dan pengetahuan sehingga makalah ini bisa selesai pada waktunya. Terima kasih juga kami ucapkan kepada teman-teman yang telah berkontribusi dengan memberikan ide-idenya sehingga makalah ini bisa disusun dengan baik dan rapi.

    Kami berharap semoga makalah ini bisa menambah pengetahuan para pembaca. Namun terlepas dari itu, kami memahami bahwa makalah ini masih jauh dari kata sempurna, sehingga kami sangat mengharapkan kritik serta saran yang bersifat membangun demi terciptanya makalah selanjutnya yang lebih baik lagi.

2.2 Contoh kata pengantar laporan PKL
    Puji syukur alhamdulillah kami panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah melimpahkan nikmat, taufik serta hidayah-Nya yang sangat besar sehingga saya pada akhirnya bisa menyelesaikan laporan Praktikum Biologi tepat pada waktunya.

    Rasa terima kasih juga kami ucapkan kepada Guru Pembimbing yang selalu memberikan dukungan serta bimbingannya sehingga Laporan Praktikum Biologi ini dapat disusun dengan baik.

    Semoga Laporan Praktikum Biologi yang telah kami susun ini turut memperkaya khazanah ilmu biologi serta bisa menambah pengetahuan dan pengalaman para pembaca.

    Selayaknya kalimat yang menyatakan bahwa tidak ada sesuatu yang sempurna. Kami juga menyadari bahwa Laporan Praktikum Biologi ini juga masih memiliki banyak kekurangan. Maka dari itu kami mengharapkan saran serta masukan dari para pembaca sekalian demi penyusunan Laporan Praktikum Biologi dengan tema serupa yang lebih baik lagi.

2.3 Contoh kata pengantar proposal
    Segala puji bagi Allah SWT, sang Pengatur Alam Semesta, yang telah melimpahkan kasih-Nya sehingga kami berhasil menyusun Proposal Penelitian ‘Analisis Kerawanan Banjir Sebagai Upaya Pengelolaan Bencana di Kecamatan Keliling Danau Kabupaten Kerinci’ dengan baik.

    Proposal ini diajukan demi pembaharuan informasi mengenai daerah yang rawan bencana banjir di Kecamatan Panti Kabupaten Jember, sebagai salah satu Early Warning untuk meminimalisir jatuhnya korban jiwa di daerah penelitian.

    Meskipun kami sangat berharap agar proposal ini tidak memiliki kekurangan, tetapi kami menyadari bahwa pengetahuan kami sangatlah terbatas, sehingga kami tetap mengharapkan masukan serta kritik dan saran yang membangun dari pembaca untuk proposal ini demi terlaksananya penelitian dengan baik, sehingga tujuan diadakannya penelitian ini juga bisa tercapai.

2.4 Contoh kata pengantar skripsi
    Puji syukur alhamdulillah penulis panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat-Nya serta hidayah-Nya sehingga penulis bisa menyelesaikan skripsi dengan judul "Judul Skripsi Anda"

    Sholawat serta salam semoga selalu tercurahkan kepada Nabi Muhammad SAW beserta keluarga dan para sahabatnya hingga pada umatnya sampai akhir zaman.

    Skripsi ini disusun untuk memenuhi salah satu syarat kelulusan di Jurusan Manajemen Informatika dan Komputer - Akademi Manajemen Informatika dan Komputer Depati Parbo (AMIK-DP) dan dalam proses penyusunan skripsi ini, penulis mendapatkan banyak sekali bantuan, bimbingan serta dukungan dari berbagai pihak, sehingga dalam kesempatan ini penulis juga bermaksud menyampaikan rasa terima kasih kepada:

1. Bapak Si A, M.Pd selaku Ketua Jurusan Bla bla yang memudahkan segala perijinan penelitian serta selalu memberikan motivasi agar penulis segera menyelesaikan skripsi.
2. Bapak Si B selaku Pembimbing I yang selalu memberi bimbingan, masukan dan waktunya untuk membimbing penulis.
3. Bapak Si C selaku pembimbing II yang juga memberikan banyak perhatian serta waktunya untuk membimbing penulis.
4. Si D selaku kepala perpustakaan yang selalu membantu memudahkan penulis saat melaksanakan pencarian materi.
5. Serta pihak-pihak lain yang tidak mungkin penulis sebutkan satu-persatu.

Semoga Allah SWT memberi balasan yang setimpal kepada semuanya.

    Penulis berharap skripsi yang telah disusun ini bisa memberikan sumbangsih untuk menambah pengetahuan para pembaca, dan akhir kata, dalam rangka perbaikan selanjutnya, penulis akan terbuka terhadap saran dan masukan dari semua pihak karena penulis menyadari skripsi yang telah disusun ini memiliki banyak sekali kekurangan.

3. Contoh Daftar Isi Sesuai Dengan Kaidah Penulisan Ilmiah

DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL...............................................................i
KATA PENGANTAR...............................................................ii
DAFTAR ISI...............................................................iii
BAB 1 PENDAHULUAN...............................................................1
A. Latar Belakang...............................................................1
B. Tujuan............................................................... 3
C. Rumusan Masalah...............................................................4
E. Manfaat............................................................... 5
BAB 2 TINJAUAN PUSTAKA...............................................................6
A. Definisi Zat Aditif...............................................................6
B. Jenis Zat Aditif dan Tingkatannya...............................................................7
C. Jumlah Remaja Lingkup Kota...............................................................8
D. Kondisi Remaja Saat Ini...............................................................9
E. Motivasi Penggunaan Zat Aditif oleh Remaja...............................................................10
BAB 3 PEMBAHASAN...............................................................11
A. Statistik Penggunaan Zat Aditif Oleh Remaja......................................................11
B. Faktor Penyebab Tingginya Penggunaan Zat Aditif...............................................12
C. Peran Berbagai Pihak...............................................................13
1. Orang Tua ...............................................................14
2. Sekolah............................................................... 15
3. Lingkungan............................................................... 16
BAB 4 PENUTUP...............................................................17
A. Kesimpulan............................................................... 17
B. Saran............................................................... 17
DAFTAR PUSTAKA...............................................................18
Catatan : Gunakan rata kiri dan kanan

4. Contoh dan Format Pendahuluan Makalah

Ada tiga poin utama yang akan dibahas, diantaranya :

1. Latar Belakang :
Biasanya membahas mengenai hal hal apa saja yang mendorong penulis untuk membahas suatu tema makalah yang akan dibuatnya.

2. Rumusan Masalah : Berisi beberapa pertanyaan yang akan dibahas atau dijawab pada bab pembahasan. Misalnya kita mengangkat sebuah tema pendidikan, sebelum kita melakukan pembahasan kita uraikan dulu beberapa permasalahan/pertanyaan yang akan dibahas.

3. Tujuan : Berisi tentang apa saja tujuan penulis mengangkat /membahas tema tersebut, dan apa manfaatnya yang akan didapatkan oleh pembaca ataupun penulis itu sendiri.

Itulah beberapa isi pendahuluan yang ada pada makalah, dan berikut ini adalah contohnya saya ambil dari blog filependidikan.

Berikut adalah contoh pendahuluan dalam makalah

BAB I

PENDAHULUAN


1. Latar Belakang

    Ilmu Managment sebetulnya sama usianya dengan kehidupan manusia, mengapa demikian karena pada dasarnya manusia dalam kehidupan sehari-harinya tidak bisa terlepas dari prinsip-prinsip Managment, baik langsung maupun tidak langsung. Baik di sadarai ataupun tidak disadari. Ilmu Managment ilmiah timbul pada sekitar awal abad ke 20 di benua Eropa barat dan Amerika. Dimana di negara-negara tersebut sedang dilanda revolusi yang dikenal dengan nama revolusi industri. Yaitu perubahan-berubahan dalam pengelolaan produksi yang efektif dan efisien. Hal ini dikarenakan masyarakat sudah semakin maju dan kebutuhan manusia sudah semakin banyak dan beragama sejenisnya.

    Sekarang timbul suatu pertanyaan “siapa sajakah yang sebenarnya memakai Managment “ apakah hanya digunakan di perusahaan saja atau apakah di pemerintahan saja. Managment diperlukan dalam segala bidang. Bentuk dan organisasi serta tipe kegiatan. Dimana orang-orang saling bekerja sama untuk mencapai suatu tujuan yang telah ditetapkan.

2. Rumusan masalah

    Berdasarkan uraian latar belakang di atas maka dapat ditentukan rumusan masalah dalam makalah ini seperti:

    1. Apa pengertian dan batasan managment ?
    2. Bagaimana prinsip managment sebagai ilmu dan seni ?
    3. Bagaimana prinsip management sebagai profesi ?
    4. Bagaimana pentingnya tujuan dalam management ?

3. Tujuan

    1. Untuk mengetahuai pengertian & batasan managment
    2. Untuk mengetahuai managment sebagai ilmu dan seni
    3. Untuk mengetahuai management sebagai profesi
    4. Untuk mengetahuai pentingnya tujuan dalam management.

5. Pembahasan Makalah

Sub-bab ini masih masuk dalam bab pendahuluan dan untuk bisa dijadikan contoh makalah yang baik dan benar tujuan dari pembahasan ini berisi dari jawaban rumusan masalah. Misalnya rumusan masalahnya adalah apa saja yang termasuk dalam penulisan kata. Terus isinya adalah untuk mengetahui macam dari penulisan kata.

6. Penutup Makalah

Sub-bab ini masih masuk dalam bab pendahuluan dan untuk bisa dijadikan contoh makalah yang baik dan benar tujuan dari pembahasan ini berisi dari jawaban rumusan masalah. Misalnya rumusan masalahnya adalah apa saja yang termasuk dalam penulisan kata. Terus isinya adalah untuk mengetahui macam dari penulisan kata.

7. Daftar Pustaka Makalah

Halaman akhir adalah daftar pustaka mesti masih ada tambahan halaman jika menggunakan lampiran (jika ada lampirannya). Dalam daftar pustaka berisi tentang daftar dari referensi yang dicantumkan atau dipergunakannya dalam menyusun makalah tersebut. Dalam daftar pustaka biasanya paling sedikit adalah 25 referensi.

8. Lampiran Makalah (jika ada yang perlu dilampirkan)


0 Response to "Panduan Susunan Kerangka Makalah Dengan Baik Dan Benar - Edukasi"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel