3 (Tiga) Langkah Membuat dan Menyusun Resolusi Karier 2020 Dengan Matang

Resolusi adalah sebuah harapan yang ingin diwujudkan oleh seseorang dengan bersungguh-sungguh. Pada momen pergantian tahun ini, kita terbiasa membuat resolusi untuk dijadikan pegangan dan tujuan dalam menjalani kehidupan tahun depan.


Membuat resolusi adalah langkah awal menuju kesuksesan. Menurut penelitian, mereka yang menuliskan tujuan 33 persen lebih berhasil dalam pencapaiannya, dibandingkan dengan orang yang hanya merumuskan rencana di kepala.

Salah satu resolusi yang dibuat secara khusus adalah hal berkaitan dengan karier. Kita semua berharap akan meraih kesuksesan tahun depan dengan langkah-langkah yang sudah direncanakan terlebih dahulu.

Jika Anda masih dalam tahap penyusunan resolusi karier untuk tahun 2020, dan masih bingung untuk memulai dari mana, berikut panduannya.

1. Refleksi dan Identifikasi Kekuatan

Anda bisa menggunakan sebagian waktu liburan akhir tahun untuk merefleksikan perjalanan karier sepanjang setahun ke belakang. Anda dapat mengevaluasi kinerja masa lalu, kesuksesan menangani proyek, hingga pengalaman kegagalan dalam menyusun resolusi karier 2020.

Pada masa refleksi diri ini, Anda bisa mengidentifikasi kekuatan yang dimiliki untuk menghadapi dunia kerja tahun depan. Pada tahap ini, Anda akan mendapati kemampuan yang meningkat karena diasah dengan tantangan yang sulit, atau keterampilan baru yang dikuasai setelah mengikuti pelatihan, seminar dan workshop tahun lalu. Jika perlu, Anda dapat meminta penilaian, saran dan kritik dari atasan, kolega, dan klien. Hasil refleksi yang telah dijalani bisa jadi bahan untuk merumuskan tujuan karier pada 2020.

2. Membuat Tujuan Karier

Tujuan karier adalah bagian dari resolusi yang harus dibuat berdasarkan keinginan dari dalam diri, bukan karena tuntutan orang lain. Jadi, jika Anda mau mengubah karier tahun depan, pastikan keputusan itu berdasarkan hasrat dari dalam diri, bukan pengaruh keluarga. Kalau Anda berharap dapat promosi, bukan ingin terlihat baik semata, tapi karena benar-benar siap menerima tanggung jawab lebih besar di kantor.

Jangan lupa, tujuan karier harus disertai dengan rencana pencapaian yang rinci dan realistis. Sebagai contoh, bila ingin menjadi manajer beberapa tahun lagi, maka Anda bisa memasang target untuk memimpin proyek dengan setidaknya lima orang karyawan senior pada 2020. Anda juga dapat merancang tujuan karier berdasarkan rumus SMART (specific, measurable, achievable, relevant and timebound) di mana target dibuat dengan sangat jelas. Misalnya, Anda akan meluangkan waktu 30 menit sehari untuk belajar keterampilan baru, atau menambah jaringan sebulan sekali.

3. Atasi Rasa Takut

Pada saat membuat resolusi karier 2020, Anda akan menetapkan sejumlah target. Tujuan itu harus dicapai dengan sebuah perubahan, sehingga Anda mesti keluar dari zona nyaman. Langkah baru ini tentu menimbulkan keraguan dan rasa takut.

Rasa takut bisa diatasi dengan membuat daftar proyek pekerjaan yang berhasil karena Anda mau mengambil risiko. Anda akan tahu bahwa perubahan tidak selalu berujung buruk, tapi juga bisa berakhir manis. Selain itu, Anda juga dapat memikirkan sistem pendukung jika berada dalam persimpangan jalan atau keterpurukan. Pilih orang terbaik yang bisa diajak bicara terkait pekerjaan, mulai dari atasan, kolega, atau career coach.

Tag : Resolusi 2020 Lucu, Kata-kata resolusi tahun 2020,  Rekomendasi resolusi yang bagus, Resolusi untuk pelajar, Caption resolusi paling kekinian tahun baru, kalender resolusi 2020.

0 Response to "3 (Tiga) Langkah Membuat dan Menyusun Resolusi Karier 2020 Dengan Matang"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel