Begini Caranya Cek Emas Asli atau Palsu

Emas adalah produk investasi yang harganya cenderung stabil. Selain itu, emas juga merupakan investasi jangka panjang yang menguntungkan dan gak bakal tergerus oleh inflasi.

Keyword : Cara mengetahui emas atau bukan, Emas asli jika dibakar, Cara membedakan emas asli dengan kuningan, Tes emas dengan cairan rumah, Cek nomor seri emas antam, Aplikasi cek emas asli, Cara cek keaslian minigold, Cara cek keaslian emas mini

1. Cara membedakan emas asli dan palsu dengan perhatikan fisiknya

Cara membedakan emas asli dan palsu yang termudah adalah dengan melihat dari ciri fisiknya. Biasanya emas murni itu terdapat cap yang menandakan kadar emas.

Nah, biasanya kadar emas menggunakan satuan fineness (1-999 atau 0.1-0.999). Yang lazim dikenal pakai satuan karat dalam angka 10K, 18K, atau 24K.

2. Cara mengetahui emas asli dengan cek sertifikat emas

Cara termudah lainnya sebagai cara mengetahui emas asli adalah dengan memeriksa sertifikat emas yang kamu miliki. Bisa saja emas itu dilengkapi dengan sertifikat emas Antam palsu untuk menunjukkan seolah-seolah emas palsu itu asli, tapi kita gak menyadarinya.

Buat mengetahui sertifikat emas Antam asli atau palsu, letakkan saja di bawah sinar ultraviolet. Akan ada garis-garis minor warna-warni layaknya uang kertas dan blok berwarna hijau di setiap deskripsi detail sertifikat. Pastikan juga logo watermark perusahaan pencetak sertifikat.2. Cek perubahan warna

Cara membedakan emas asli dan palsu selanjutnya adalah dengan menggesekkan jari ke area tertentu pada emas. Bila saat digosok warnanya berubah seperti pudar atau gak seragam, bisa dipastikan itu emas palsu.

3. Gigit emas

Sering dong melihat atlet olimpiade yang menggigit emas?

Emas adalah logam yang lunak, jadi mudah banget buat dibentuk. Semakin tinggi kadar karatnya, semakin lembut pula emasnya. Ciri khas dari emas ini bisa kamu jadikan cara mengetahui emas asli. Caranya adalah dengan menggigit emas tersebut.

Bila ada bekas gigitan yang tertinggal, kemungkinan besar emas itu adalah asli. Sebaliknya, kalau keras banget dan gak ada bekas apa-apa, bisa jadi itu emas palsu. Namun, mata kamu harus jeli lho ya saat melihat bekas gigitan itu.

4. Cek dengan Magnet

Selain logam yang lembut, emas juga gak bisa ditarik dengan magnet. Hal itu bisa kamu jadikan cara mengetahui emas asli. Jadi, kamu bisa menggunakkan magnet dengan kekuatan besar dan arahkan ke emas. Jika tertarik magnet, udah pasti emas itu emas palsu.

Namun, menguji pakai magnet ini juga bukan jaminan 100 persen mengingat banyak logam lain yang bersifat nonmagnetik.

5. Goreskan pada keramik atau kertas

Cara membedakan emas asli dan palsu lainnya adalah dengan menggoreskan emas pada keramik atau kertas. Emas asli gak bakal meninggalkan jejak jika digoreskan di kertas atau keramik. Lain halnya logam lain yang bakal meninggalkan goresan.Cara ini emang terbilang cukup berisiko karena dapat merusak emas. Namun, kalau kamu bersedia mengambil risiko, ya silakan dilakukan.

6. Cek kepadatan emas

Cara membedakan emas asli dan palsu selanjutnya adalah dengan mengecek kepadatan emas tersebut. Cara ini bisa dibilang yang paling mendekati valid. Kenapa begitu? Emas kan logam yang memiliki kepadatan tinggi banget. Jadi, jarang banget ada logam lain yang mampu menyaingi kepadatan emas. Pendek kata, semakin tinggi kepadatan, semakin murni logam mulia itu.

Cara mengecek emas asli pakai cara ini terbilang cukup mudah kok, yaitu:

  1. Isi air di gelas atau botol yang ada takaran ukuran mililiter.
  2. Masukkan emas dengan cara digantung dengan benang.
  3. Lihat perbedaan air antara sebelum dan sesudah emas direndam.

Gunakan rumus perhitungan kepadatan = massa dibagi volume. Jika angka mendekati 19 gram per millimeter, udah cukup yakin itu emas asli.

Biar bisa jadi panduan, berikut ini angka kepadatan emas tergantung karat.

  • Emas 14 k = 12,9-14,6 gram/mililiter
  • 18K kuning = 15,2-15,9 g/ml
  • 18K putih = 14,7-16,9 g/ml
  • 22K = 17,7-17,8 g/ml

7. Cek di butik LM terdekat

Kalau belum yakin juga, ya sudah cara mengetahui emas asli yang paling praktis adalah dengan mengunjungi butik logam mulia terdekat.

Sudah pasti mereka bisa langsung memberitahumu soal keaslian emas yang kamu miliki saat ini.

8. Gunakan aplikasi CertiEye

Metode lain yang bisa digunakan sebagai cara membedakan emas asli dan palsu adalah menggunakan aplikasi CertiEye. Nah, metode ini pas untuk mereka yang beli emas Antam. 

Teknologi CertiEye merupakan inovasi yang berfungsi untuk meningkatkan keamanan produk emas batangan ANTAM.

Cara penggunaannya mudah. Kamu hanya perlu mengunduh aplikasi tambahan di ponsel pintar (smartphone) mereka, yaitu aplikasi berbasis internet CertiEye. 

Setelah aplikasi tersebut diunduh, kamu bisa langsung melakukan pemindaian (scan) di barcode (CertiCode) yang tertera di setiap produk emas batangan yang kamu beli.

Pokoknya selama beli emas Antam dijamin gampang deh untuk dibedakan mana yang asli dan palsu.

9. Uji dengan asam

Cara mengecek emas asli yang satu ini juga bisa digunakan untuk membedakan emas asli dan palsu. Teteskan saja asam nitrat ke permukaan emas. Jika ada reaksi warna kehijauan, itu berarti adalah emas palsu. Jika ada reaksi seperti warna susu, itu berarti emas dilapisi perak. Namun, jika gak ada reaksi apa pun, emas itu adalah emas asli. Cara membedakan emas asli dan palsu ini adalah cara yang juga tergolong mudah. 

10. Uji pakai keramik

Keramik juga bisa kamu manfaatkan sebagai cara membedakan emas asli dan palsu. Bagaimana caranya? Goreskan emas pada permukaan keramik. Emas asli gak bakal meninggalkan goresan, sedangkan emas palsu meninggalkan goresan berwarna hitam atau sejenisnya.

Cara membedakan emas asli dengan kuningan

1. Emas asli lebih berkilau ketimbang kuningan

Emas yang asli lebih berkilau dan lebih kuning dibandingkan dengan kuningan. Sementara itu, kuningan memiliki warna yang agak gelap dan kusam. Namun, patut diperhatikan, cara ini hanya bisa dipakai untuk membedakan emas murni dengan kuningan. Sebab, emas campuran (sudah dicampur dengan logam lainnya) kilaunya sudah berkurang.

2. Emas murni meninggalkan bekas keemasan sedangkan kuningan meninggalkan bekas kehitaman

Metode ini biasa dipakai para pedagang perhiasan emas, karena tergolong cepat. Misalnya ketika membedakan cincin emas asli dan kuningan. Cara membedakan cincin emas asli dengan kuningan yang mereka pakai adalah dengan menggoreskan cincin dengan keramik. Jika goresan meninggalkan warna keemasan, maka cincin tersebut adalah emas asli. Namun, jika yang tertinggal adalah bekas kehitam-hitaman, maka cincin tersebut berbahan kuningan.

3. Emas tak beraksi terhadap asam

Jika ditetesi asam, emas tidak akan bereaksi. Tetapi, kuningan yang ditetesi asam akan muncul gelembung-gelembung kecil.

4. Harga emas berkali-kali lipat dibandingkan kuningan

Hal ini sudah jelas. Per gram saja, emas batangan murni saat ini dibanderol di kisaran harga Rp900 ribuan. Tetapi, dengan uang sekitar Rp500 ribuan saja, kamu sudah bisa membeli 1 kilogram kuningan. Cara membedakan cincin emas asli dengan kuningan ini tentu akan sangat membantu kamu yang sedang mencari cincin perhiasan emas.

Keyword : cek logam mulia antam asli, gelang cartier ubs, gelang pixiu asli dan palsu, emas ubs palsu, cara membedakan emas antam asli dan palsu, harga gelang cartier emas asli, perbedaan emas asli dan palsu, emas batangan soekarno asli, harga gelang emas cartier asli, cara mengetes emas asli atau palsu, cara liat emas asli, gelang kaki bayi emas asli, cara mengetes emas asli, mini gold palsu, cara mengecek emas dengan mudah, cara mengetahui keaslian emas antam, logo xuping asli, cara mengetahui emas atau bukan, cara mengetes emas asli dan palsu, cara cek emas ubs asli, cara tes emas asli, cara melihat emas asli atau palsu, cara cek emas atau bukan, cara cek keaslian emas ubs, harga emas cartier asli, cara mengecek emas ubs asli, cara mengecek emas asli, harga asli gelang cartier, emas batangan 1 kg asli, emas antam palsu, cek certieye antam, cara membedakan emas asli dan palsu, mengecek keaslian emas antam, emas batangan asli, cara mengetahui emas asli atau palsu, cara cek emas antam asli, surat emas asli, cek keaslian emas antam, cara mengecek emas asli dan palsu, cara cek keaslian emas antam, cek emas asli, cek nomor seri emas antam, certieye antam palsu, cara cek keaslian logam mulia antam, cara cek emas asli, cara cek emas ubs asli atau palsu, cara cek logam mulia asli, cek keaslian emas ubs, cara mengecek keaslian emas ubs, cara mengecek emas atau bukan, cara cek emas asli atau palsu, logam mulia asli, cek keaslian antam, cara cek nomor seri emas antam, cara cek keaslian antam, cara cek keaslian eoa gold, emas antam asli, cek emas antam asli, cara cek emas asli antam, cara mengetes emas, cara cek emas antam asli atau palsu, cara mudah cek emas asli, cara mengecek keaslian emas mini, cek emas ubs asli, cara melihat emas asli, cara mengecek emas antam asli, alat pendeteksi emas asli atau palsu, cara mengetahui emas asli, cara mengecek emas asli atau palsu, toko mas bagong, gelang cartier asli, gelang cartier emas asli, gelang cartier original, xuping asli dan palsu, cara cek antam asli, cek nomor seri antam, cek no seri antam, gelang cartier emas asli harga, cara cek keaslian logam mulia ubs, alat cek emas asli, cek asli emas antam, cek antam asli, cara mengetahui emas antam asli, harga cincin emas asli 2 gram, cara cek keaslian emas, cincin cartier asli, mini gold asli, harga emas asli sekarang, toko mas asli bagong tokopedia, aksesoris xuping asli, cek emas asli atau palsu, emas asli kalung, cek emas asli antam, cek keaslian logam mulia antam, emas putih asli harga, cek logam mulia asli, cara mengecek logam mulia aslcara bisnis online, bisnis online adalah, usaha bisnis online, bisnis online tanpa modal, bisnis tanpa modal, bisnis online shop, memulai bisnis online, mandiri online, mandiri bisnis, mandiri bisnis online, bisnis makanan online, aplikasi bisnis online, ide bisnis online, bisnis online pemula, pengertian bisnis online, bisnis online 2020, cara memulai bisnis online, peluang bisnis online, bisnis online modal kecil, daftar bisnis online, jenis jenis bisnis online, bisnis modal kecil, bisnis online untuk pemula, bisnis online untuk pelajar, bisnis online gratis, bisnis online tanpa modal untuk pelajar, kunci jawaban exam sukses bisnis online shop di instagram, cara memulai bisnis online shop baju, kunci jawaban skill academy sukses bisnis online shop di instagram, bisnis online dapat dilakukan oleh perusahaan atau pebisnis perorangan karena biayanya, bca bisnis, bisnis online untuk pelajar, bisnis online untuk pemula, cara bisnis online baju, bisnis online adalah, logo bisnis online, bisnis kuliner online, bisnis online pemula, ide bisnis makanan online, bisnis online yg menguntungkan, cara membuka bisnis online, kata kata bisnis online, cara bisnis online shop, ide bisnis online, bisnis online modal kecil, bisnis online tanpa modal, klikbca bisnis, bisnis online shop, bisnis modal kecil, cara bisnis online pemulai