Tips Membersihkan Dan MelepaskanTombol Keyboard USB

Menjaga kebersihan keyboard adalah suatu hal yang cukup penting dan mungkin merupakan salah satu hal rutin yang bisa dilakukan setiap bulan. Piranti tersebut merupakan peralatan yang tidak pernah lepas dari tangan ketika Anda menggunakan komputer.

Membersihkan mouse lebih mudah karena Anda tinggal mengelap permukaannya dan menghilangkan berbagai kotoran yang ada di bagian bawah, serta bagian dalam jika Anda masih menggunakan mouse konvensional dengan bola.

Tapi bagaimana dengan keyboard yang memiliki lebih banyak celah? Sebagian orang mungkin membersihkannya hanya dengan mengelap permukaannya dan mengabaikan kotoran-kotoran yang menempel di bagian lain yang tak terjangkau.

Dengan adanya kotoran yang masuk kedalam keyboard anda tentu sangat menggangu ketika anda sedang mengetik. Ya misalnya tombolnya keras atau tidak bisa ditekan.

Kali ini saya ingin berbagi tips membersihkan keyboard dengan detil yang bisa Anda praktekkan sendiri dengan mudah. Peralatan yang diperlukan cukup hanya sikat kecil, lap, dan cairan pembersih jika ada.

Seberapa kotor keyboard USB anda?

Apabila Anda belum tahu seberapa kotor keyboard Anda, coba lepas piranti tersebut dari komputer, balikkan, lalu pukul-pukul ringan bagian sisinya.

Apabila terlihat banyak kotoran yang keluar dari keyboard anda ada baiknnya anda membersihkannya dengan cara melepaskan setiap tombol pada keyboard.

Pertama, lepas semua tuts atau tombol yang ada. Peganglah tombol tersebut dengan kuat dan tarik. Anda tidak perlu khawatir jika tombol tersebut akan patah atau rusak.

Note! sebelum anda melepaskan tuts atau tombol keyboard USB anda, ada baiknya anda foto terlebih dahulu agar mempermudahk anda dalam menyusunnya kembali ketika sudah dibersihkan.

Tombol spasi agak sulit untuk dilepas dan juga dipasang jadi saya merekomendasikan Anda untuk membiarkannya tetap terpasang. Tanpa perlu melepas tuts spasi pun, semua bagian keyboard sudah terbuka dan bisa dibersihkan.

Kedua, mulailah untuk membersihkan papan keyboard dengan sikat. Akan lebih baik jika Anda memegang dan menyikat papan tersebut dalam keadaan terbalik sehingga kotoran tidak masuk ke bagian dalam melalui lubang tuts. Jangan lupa pula untuk membersihkan bagian belakang dan juga kabelnya.

Setelah semua selesai dibersihkan, pasang kembali tuts sesuai dengan lokasinya. Proses pemasangan tuts ini tidak memerlukan cara khusus. Tinggal tekan tuts ke tempatnya hingga terkunci kembali dan keyboard Anda pun kembali bersih seperti baru.

Tag :  salah satu huruf keyboard laptop tidak berfungsi , cara mengatasi keyboard laptop tidak berfungsi , cara memperbaiki keyboard laptop yang tidak berfungsi sebagian , aplikasi memperbaiki keyboard laptop , beberapa tombol keyboard tidak berfungsi , keyboard laptop asus tidak berfungsi , keyboard laptop tidak berfungsi di windows 10 , keyboard laptop lenovo tidak berfungsi