Kumpulan Kata-Kata Motivasi Tentang Api Semangat Hidup!

50 Kata-kata Motivasi Jangan Menyerah, Bikin Api Semangat Tetap Menyala

1. "Tanpa belajar, takkan ada perubahan. Tanpa perubahan, berarti mati."

2. "Tanpa hadirnya gelap, kehadiran cahaya tak akan pernah berarti."

3. "Jika kita melayani, maka hidup akan lebih berarti."

4. "Ketika kau berharap untuk menjadi seperti orang lain, berarti kau telah menyia-nyiakan kehidupanmu sendiri."

5. "Hidup ini sekali, hiduplah yang berarti."

6. "Terkadang diam bukan berarti tidak tegas."

7. "Terbiasa apa-apa sendiri bukan berarti ingin menua dengan kesendirian."

8. "Susah didapat bukan berarti tidak mungkin didapat."

9. "Sulit bukan berarti tidak bisa karena jika ada kemauan, di situ juga ada jalan."

10. "Jika berpura-pura dekat berarti tidak dekat. Jika berpura-pura tidak dekat, berarti dekat."

11. "Manusia memang tidak bisa sempurna. Tapi, bukan berarti jadi alasan untukmu enggan berusaha."

12. "Menasihati bukan berarti sok tahu melainkan dia menyayangimu dengan cara memberitahu kesalahanmu."

13. "Saat suatu hubungan berakhir, bukan berarti dua orang berhenti saling mencintai. Mereka hanya berhenti saling menyakiti."

14. "Kau harus ingat bahwa sesuatu yang tidak berjalan sesuai rencana bukan berarti tidak berguna. Mungkin saja, itu adalah jalan terbaik yang seharusnya kau tempuh."

15. "Menangis bukan berarti kau lemah. Sejak lahir, itu pertanda bahwa kau hidup."

16. "Meminta maaf bukan berarti kita yang salah! Tapi, orang yang minta maaf duluan adalah orang yang berjiwa besar."

17. "Diam bukan berarti mengalah, namun mencoba untuk lebih dewasa dalam menerima."

18. "Aku menghilang bukan berarti aku tidak bersamamu, tapi aku hanya jauh darimu."

19. "Meminta maaf tidak selalu berarti kau yang salah. Itu dapat diartikan bahwa kau menghargai hubunganmu jauh lebih penting daripada keegoisanmu."

20. "Jika sekarang kau tidak ingin kembali lagi ke masa lalu, berarti perjalanan hidupmu sudah di jalan yang benar."

21. "Sulit bukan berarti tidak mungkin."

22. "Kesulitan dan masalah adalah hal yang membuat kehidupan ini menarik dan berarti."

23. "Arti dari hidup adalah memberikan hidup yang berarti."

24. "Setiap orang itu berbeda, unik dengan caranya sendiri. Kamu harus menghargainya, tapi bukan berarti kamu harus menyukai semuanya."

25. "Hanya karena kita merasa lebih tahu, bukan berarti kita bisa lebih banyak bicara."

26. "Terpuruk bukan berarti harus menjadi manusia yang lebih buruk."

27. "Karena sering bertualang bersama bukan berarti akan bernasib sama."

28. "Terkadang, kamu berusaha menghindari sesuatu, bukan berarti kamu membencinya. Kamu menginginkannya, tapi kamu tahu bahwa itu salah."

29. "Mudah memaafkan bukan berarti mudah untuk melupakan."

30. "Kalau bukan untuk bermanfaat, lalu untuk apa kita hidup? Hidup sekali, berarti, lalu mati."

31. "Bila orang hanya bisa berarti sesudah mati, itu tanda begitu buruk hidup hari ini."

32. "Bahagia itu bukan berarti melihat diri sendiri tersenyum, tetapi bagaimana kita dapat melihat orang lain tersenyum karena kebaikan kita."

33. "Tertawa bukan berarti bahagia. Diam bukan berarti tidak merasakan apa-apa."

34. "Bahagia bukan berarti segalanya sempurna. Bahagia adalah ketika kamu memutuskan untuk melihat segala sesuatu secara sempurna."

35. "Kalau tujuannya sudah jelas, segala sesuatu yang direncanakan akan memiliki makna berarti."

36. "Hidup tidak akan berarti jika Anda masih ragu dalam mengambil risiko."

37. "Kadang, diam itu jauh lebih berarti daripada banyak bicara yang tidak ada manfaatnya."

38. "Yang tidak terlihat bukan berarti tidak ada."

39. "Senyum tidak selamanya berarti bahagia, kadang berarti ketabahan dan keikhlasan."

40. "Menyedihkan saat kamu bertemu seseorang yang sangat berarti, hanya untuk menemukan bahwa pada akhirnya kamu harus membiarkannya pergi."

41. "Ditanggapi bukan berarti hilang sepi. Justru hening panjang kian mengintai, sebab kapan saja dia bisa pergi dengan santai."

42. "Hanya karena kau hidup kemarin, bukan berarti kau mengetahui segala hal tentang hari ini."

43. "Arti hidup adalah waktu, tidak ada yang lain."

44. "Beberapa hal yang pernah tertunda. Bukan berarti sudah berhenti. Hanya menunggu waktu yang tepat."

45. "Jika kau berbuat baik, berarti kau berbuat baik bagi dirimu sendiri. Jika kau berbuat jahat, maka kejahatan itu akan kembali kepada dirimu sendiri."

46. "Hanya karena seseorang berbuat buruk kepada kita, bukan berarti kita harus membalasnya dengan cara yang sama."

47. "Melakukan sesuatu yang tidak pasti bukan berarti tidak bermakna."

48. "Lelah bukan berarti berhenti. Sepasang kaki butuh jeda untuk istirahat sejenak agar irama langkah tetap terjaga demi mencapai tujuan."

49. "Tak harus meniru sesuatu untuk jadi yang berarti. Cukup jadi diri sendiri dan kenali siapa kau sebenarnya."

50. "Hanya karena mimpimu tertunda, bukan berarti Tuhan menolaknya. Semua akan indah pada waktunya."

Tips Balikin Semangat Hidup yang Redup, Masih Ada Harapan! 

Bila Anda juga mengalami hilangnya gairah hidup, artikel ini untuk Anda. Berikut ini beberapa cara mengembalikan semangat hidup agar hidup Anda menjadi lebih berwarna seperti sebelumnya.

1. Lawan Ketakutan Anda

Semangat hidup yang turun jika berlanjut ke tingkat yang lebih parah dapat menyebabkan depresi yang berkelanjutan. Oleh sebab itu, jujurlah pada diri sendiri jika Anda memang memiliki permasalahan mental.

Jangan pernah lari dari kenyataan. Seperti halnya sakit secara jasmani, sakit secara mental juga normal. Sehingga hal yang perlu dilakukan adalah menghadapinya dan mencari obatnya. Sebisa mungkin lawan ketakutan, kegelisahan atau hal-hal yang menurunkan semangat hidup yang Anda alami.

Sebagai contoh, jika Anda takut gagal lagi dalam wawancara kerja, lawan ketakutan tersebut dengan mempersiapkan diri yang lebih baik. Teruslah juga kirim surat lamaran kerja ke sejumlah perusahaan yang relevan dengan keahlian dan latar belakang pendidikan Anda.

2. Bicarakan Masalah Anda

Salah satu cara awal untuk mengobati depresi ataupun untuk lebih bersemangat dalam hidup adalah membicarakan permasalah ini dengan orang lain. Anda bisa membicarakan dengan keluarga, sahabat, pasangan atau orang yang memang ahli secara psikologi.

Membicarakan permasalahan yang dialami dapat meringankan beban Anda. Hindari untuk berpikir sendiri ketika Anda mengalami masalah, terlebih jika ini berhubungan dengan kesehatan mental Anda.

Curhat atau sharing dapat membantu Anda menemukan solusi dari sudut pandang orang lain. Kombinasikan opini mereka dengan pemikiran Anda sendiri agar mendapat jalan keluar yang paling baik untuk Anda.

3. Ingat Kembali Tujuan Hidup

Seperti lirik yang pernah dilantukan oleh salah satu band Indonesia bahwa “mimpi adalah kunci untuk kita menaklukkan dunia” itu memang benar adanya. Salah satu cara untuk mengembalikan semangat hidup adalah dengan bermimpi atau memiliki tujuan hidup yang jelas.

Dengan tujuan hidup yang jelas, Anda dapat merencanakan langkah apa saja yang hendak Anda ambil setiap harinya agar semakin dekat dengan tujuan tersebut.

Jadi, ingat kembali tujuan (goal) hidup Anda. Baik itu tujuan hidup jangka pendek maupun jangka panjang. Misalnya, tujuan hidup yang berkaitan dengan spiritual, karier, keluarga, finansial, atau kesehatan.

4. Berpikir Positif

Tanamkan pikiran yang positif dalam diri Anda agar Anda semakin percaya diri untuk mengambil keputusan. Setiap hal memang memiliki resiko yang baik dan buruk. Dengan berpikir positif, bukan tidak mungkin hal yang buruk akan menjadi baik ketika Anda melihatnya dari sudut yang berbeda dan keyakinan yang lebih positif.

Turunnya semangat hidup kadang kala dipengaruhi oleh ketakutan dan pikiran negatif untuk melangkah maju. Pikiran positif akan membuat Anda semakin yakin dan menghilangkan dominasi perasaan ragu.

5. Temukan Motivasi

Agar hidup lebih menjadi semakin bersemangat, Anda memerlukan suntikan motivasi. Ada berbagai macam cara untuk mendapatkan motivasi dari luar diri. Misalnya saja dengan mengikuti seminar motivasi yang diadakan oleh seorang motivator terkenal.

Motivator memiliki pengalaman yang setidaknya sama dengan yang Anda alami. Oleh sebab itu mereka juga akan lebih mengetahui di titik mana semangat Anda perlu dibangkitkan. Tak hanya motivator seminar, motivator juga dapat ditemukan secara gratis di channel YouTube atau yang biasa dikenal dengan influencer.

Beberapa kata motivasi dan film juga dapat menjadi inspirasi untuk membuat semangat hidup semakin meningkat. Tak hanya itu, mengelilingi diri dengan lingkungan pergaulan yang positif juga dapat menjadi solusi untuk membuat hidup makin bersemangat.

6. Bersyukur Secara Rutin

Bersyukur adalah hal termudah yang dapat dilakukan untuk mengembalikan semangat hidup yang telah hilang. Tidak perlu menunggu hal besar terjadi untuk bersyukur. Anda dapat memulainya dengan hal-hal yang kecil yang tidak Anda sadari sebelumnya.

Bernapas dengan normal ataupun dengan lancar membuang hajat ke belakang pun bisa dijadikan topik yang patut disyukuri. Tidak pernah terbayang bukan jika Anda harus bernapas atau BAB dengan bantuan alat karena Anda tidak dapat melakukannya secara normal?

Selain bersyukur secara rutin, imbangi juga dengan beribadah secara rajin. Paling tidak ibadah akan membuat hati dan pikiran Anda menjadi lebih tenang. Dengan begitu Anda akan menjadi lebih mudah menentukan langkah hidup selanjutnya.

7. Catat Prestasi Anda

Selain bersyukur, untuk meningkatkan semangat Anda dapat mengingat kembali keberhasilan apa saja yang telah Anda capai hingga detik ini. Tak hanya mengingat, Anda dapat mengambil secarik kertas atau buku dan alat tulis untuk mencatatnya.

Beberapa pencapaian, baik kecil maupun besar, dapat Anda tulis. Misalnya:

  • berhasil menjadi juara kelas
  • mendapat nilai terbaik waktu kuliah
  • membantu orang yang membutuhkan
  • membelikan barang impian orang tua
  • Atau apa saja yang membuat Anda tersenyum dan puas ketika mengingatnya.

Penilaian positif dari orang lain yang mengenal Anda pun dapat dimasukkan ke dalam daftar small wins ini. List dapat menjadi daftar motivasi yang mencerahkan hari-hari Anda karena Anda banyak melakukan hal positif sebelumnya.

8. Traveling

Pergi berlibur atau traveling dan keluar dari tempat Anda selama ini juga merupakan cara yang ampuh untuk menambah semangat. Keluar dari rutinitas, menemukan suasana baru dan orang baru dengan ceritanya masing-masing dapat menyegarkan kembali pikiran Anda.

Seperti halnya novel Eat, Pray and Love, mungkin selama di perjalanan tersebut Anda akan mendapatkan pembelajaran dari cerita orang lain atau pengalaman hidup yang Anda alami selama traveling.

Ketika berlibur, jauhkan diri Anda dari sosial media. Tak hanya berpindah jasmani di lain tempat, berlibur juga memindah pikiran Anda dari hiruk pikuk sosial media untuk sementara waktu. Temukan diri Anda yang baru selama dalam perjalanan!

9. Pelihara Hewan

Cara lain untuk mengembalikan semangat hidup adalah dengan mengadopsi atau merawat binatang peliharaan. Banyak studi yang menyatakan bahwa memelihara binatang dapat membantu untuk mengurangi resiko kematian dan hal yang menyenangkan untuk orang penyendiri.

Tak hanya itu, pemilik hewan peliharaan dapat meningkatkan kemampuan bersosialisasi di dalam kehidupan bermasyarakat dan dapat menurunkan depresi yang dialami oleh seseorang.

Niscaya, melihat kelakuan lucu hewan peliharaan Anda –misalnya anjing ataupun kucing– akan membuat hati menjadi semakin terhibur. Namun jangan lupa untuk bertanggungjawab perihal makanan, perawatan kesehatan dan kebutuhan lain dari binatang kesayangan ini ya!

10. Jaga Kesehatan

Banyak list yang perlu dicentang pada poin menjaga kesehatan untuk membuat hidup menjadi lebih bersemangat. Di antaranya adalah berolahraga, makan makanan yang sehat, berjemur secara rutin, merawat diri hingga istirahat yang cukup.

Olahraga dapat membantu tubuh untuk meningkatkan hormon endorphin yang dapat menambah perasaan senang dan nyaman. Dipadu dengan rutin berjemur di pagi hari yang bermanfaat untuk meningkatkan serotonin dalam tubuh, olahraga dan berjemur dapat mengurangi depresi atau hilangnya semangat hidup.

Artikel terkait : filosofi api dalam kehidupan, kata-kata api dan air, peribahasa jangan bermain api, kata-kata tentang api, kata cinta tentang api, kata-kata api unggun romantis, quotes api unggun, arti semangat hidup, motivasi hidup, kata-kata semangat hidup, kata-kata semangat untuk diri sendiri, motivasi penyemangat, kata semangat berjuang, quotes motivasi hidup, motivasi hidup sederhana