Kumpulan Rumus Excel Beserta Contoh Yang Sering Digunakan Di Kantor

Kumpulan Rumus (Formula) Microsoft Excel dan Contoh Kasus

Defenisi Microsoft Excel (Spreadsheet)

Pengertian Microsoft Excel adalah sebuah program aplikasi lembar kerja spreadsheet yang dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation untuk sistem operasi Microsoft Windows dan Mac OS. Software ini dikenal juga sebagai Microsoft Office Excel, MS. Excel atau sering disebut sebagai Excel saja.

Belajar excel untuk administrasi perkantoran sangatlah penting bagi anda yang menginginkan bagian tersebut. Rumus excel untuk administrasi keuangan tentunya mempermudah dan mempercepat anda dalam bekerja.

Rumus Excel apa saja yang Sering Digunakan Dalam Dunia Kerja, Wajib Catat Nih!

Rumus-rumus excel yang saya saikan berikut ini tentunya cukup dan bahkan sangat membantu anda dalam bekerja. Rumus excel yang sering digunakan di perusahaan sudah saya rangkup terdiri dari 10 rumus Excel yang sering digunakan serta lengkap dengan contohnya kasusnya.

10 Rumus (Formula) Excel yang Sering Digunakan di Kantor

1. Rumus Excel Sum() atau penjumlahan

Fungsi rumus (Formula) SUM(), seperti namanya, memberikan total rentang nilai sel yang dipilih. Ia melakukan operasi matematika yang merupakan penjumlahan.

Baca juga : Cara merubah koma menjadi titik di keyboard pada Microsoft Excel

Contoh kasus rumus sum ()

Rumus Excel : Sum(number1,[number2],..]

Cara menggunakan rumus sum sangatlah mudah, Ketik =SUM( Blok dari Cell A1 sampai D1 tutup kurung ) dan Enter atau dengan menggunakan Shortcut dengan cara aktifkan Cell E1 kemudian tekan Alt + =.

Variasi atau Jenis-Jenis Rumus Sum Pada Excel

Variasi lain dari SUM ialah SUMIF(). Fungsi ini dipakai untuk menjumlahkan item dalam tabel yang sesuai dengan kondisi yang sudah didefinisikan. Anda dapat menggunakan fungsi SUMIF untuk menjumlahkan nilai dalam satu rentang yang memenuhi kriteria yang Anda tentukan.

Rumus Excel : sumif(range,criteria,[sum_range])

Contoh kasus 1 : Saya ingin menjumlahkan angka yang lebih besar dari 20 dan dengan deretan angka sebagai berikut :

Rumus Excel : =SUMIF(A1:D1;">20")

Contoh kasus 2 : Saya ingin menjumlahkan jumlah penjualan mobil merk Honda dan Toyota sebagai berikut :

Rumus Excel : SUMIF(A2:A6;"Honda";C2:C6) atau =SUMIF(A2:A6;"Toyota";C2:C6)

2. Rumus Excel Average () atau rata-rata

Rumus Excel untuk admin yang paling sering dipakai ialah Average. Fungsi AVERAGE() berfokus pada penghitungan rata-rata rentang nilai sel yang dipilih.

Rumus Excel : =AVERAGE(number1:number2) Contoh: =AVERAGE(L3:L6)

Contoh kasus : Saya ingin mencari nilai rata-rata penjualan Honda dan Toyota dengan menggunakan rumus AverageIF

Dikarenakan hampir sama dengan rumus sebelumnya sumif(), maka saya rasa tidak perlu saya rincikan secara detail. 

3. Rumus Excel Count ()

Fungsi COUNT() menghitung jumlah total sel dalam rentang yang berisi angka. Fungsi ini akan menyimpan data dalam format selain numerik. Selain itu, untuk sel yang kosong pun akan dianggap nol sehingga proses perhitungan tetap berjalan.

Jika kamu diminta untuk menghitung semua sel dengan nilai numerik, teks, dan format data lainnya, kamu harus menggunakan fungsi ‘COUNTA()’. Namun, COUNTA() tidak menghitung sel kosong apa pun. Untuk menghitung jumlah sel kosong yang ada dalam rentang sel, gunakan COUNTBLANK().

Rumus Excel : count(value1,[value2],..]

4. Rumus Excel Subtotal ()

Selanjutnya, mari kita pahami cara kerja fungsi subtotal. Fungsi SUBTOTAL() digunakan untuk memasukkan kembali subtotal dalam database. Tergantung pada apa yang diinginkan, kamu dapat memilih rata-rata, hitungan, jumlah, min, maks, min, dan lainnya.

Rumus SUBTOTAL Excel termasuk kedalam kategori Fungsi Math & Trig yang berguna untuk menghitung subtotal dari sebuah daftar atau tabel data.

Maksud menghitung subtotal seperti ini: Rumus SUBTOTAL hanya akan menghitung nilai pada cell yang terlihat saja dan mengabaikan nilai dari cell yang disembunyikan (hidden cell) menggunakan fitur Filter maupun secara manual.

Sebelum belajar cara kerja dan cara menggunakan Rumus SUBTOTAL Excel, ada baiknya pahami dahulu apa yang akan Anda dapatkan ketika menggunakan Rumus ini.

Rumus Excel : SUBTOTAL(function_num,ref1,[ref2],…)

Contoh kasus : Pada contoh kasus dibawah ini sangat terlihat jelas perbedaan antara penjumlahan menggunakan rumus sum() dengan menggunakan rumus subtotal(). Dengan menggunakan rumus Subtotal() cell yang tersembunyi tidak akan dihitung.

Berikut ini kumpulan Kode atau Sintaks Subtotal : 

5. Rumus Excel Ceiling ()

Fungsi CEILING() bermanfaat untuk membulatkan angka ke atas hingga kelipatan signifikansi terdekatnya dan menjauhi angka nol. Rumus Excel ini akan sangat cocok untuk dipakai dalam pembulatan nominal dalam perhitungan data-data keuangan.

Rumus Excel : CEILING(number, significance)

6. Rumus Excel Match ()

Fungsi Match dapat digunakan untuk menunjukkan posisi item tertentu dalam tabel yang sesuai kriteria yang sudah didefinisikan. Misal, kamu ingin mencari nama seseorang dalam tabel.

Rumus Excel : match(lookup_value,lookup_array,[match_type])

Contoh: =match(“Jojon”,A1:A20,0)

7. Rumus Excel VLookUp () dan HLookUp ()

VLookUp berfungsi untuk mencari item yang ada di dalam kolom dan mengambil value pada kolom lain dalam satu tabel yang sama. Misal, kamu ingin memperoleh jumlah anak pegawai dengan kondisi tertentu.

Rumus Excel : 

vlookup(lookup_value,lookup_array,[match_type])

hlookup(lookup_value,lookup_array,[match_type])

8. Rumus Excel IF ()

IF berfungsi untuk mengambil nilai dari dua data berdasarkan kriteria tertentu.

Rumus Excel : IF(logical_test,[value_if_true],[value_if_false])

Contoh : =IF(2<3,”Benar”,”Salah”) > “Benar” =IF(2>3,”Benar”,”Salah”) > “Salah”

9. Rumus Excel Round ()

Round digunakan untuk membulatkan angka desimal. Hampir mirip dengan Ceiling, hanya saja kamu bisa bebas menentukan sendiri pembulatannya.

Rumus Excel : 

round(number,num_digit)

roundup(number,num_digit)

rounddown(number,num_digit)

Contoh : =round(12:3456789,2)

10. Rumus Excel Trim ()

Rumus Excel lengkap terakhir adalah Trim. Fungsi ini dipakai untuk memperbaiki teks dengan menghapus spasi yang berlebih.

Rumus Excel : trim(text)

Contoh : =trim (“Ini adalah rumus Excel yang mudah dipelajari “) atau =trim(“pilih cell yang ingin anda berikan formula“)

Itulah sedikit ulasan mengenai Rumus Excel yang sering digunakan di perusahaan dan perkantoran, Rumus Excel diatas bisa anda gabungkan sesuai dengan kasus yang ingin anda selesaikan. Dengan catatan anda wajib memahami setiap fungsi rumus atau formula excelnya. Terima kasih telah berkunjung ke alkoyendra.com semoga tutorial diatas dapat membantu anda dalam bekerja. Salam putra asli Kerinci, Jambi

Artikel terkait : rumus excel untuk admin, rumus excel lengkap, rumus excel lengkap dan contohnya, rumus excel pdf, rumus-rumus excel, rumus pengurangan excel, 100 rumus excel, 50 rumus excel, rumus laporan keuangan di excel, download file excel laporan laba rugi, download laporan arus kas excel, download file excel laporan keuangan perusahaan dagang, download file excel jurnal umum, cara membuat laporan keuangan di excel, rumus excel keuangan sederhana, download file laporan keuangan excel, Rumus Excel apa saja untuk admin, Rumus Excel apa saja untuk admin, Apa itu rumus VLOOKUP dan hlookup, Rumus choose untuk apa, Apa fungsi absolut atau F4 dalam ms excel, Rumus VLOOKUP untuk apa, Apa itu rumus power, Apa itu rumus index,