Kepo Banget sih Dengan Urusan Orang Lain

Apakah kita boleh kepo?

Di dalam perbuatan kepo, tersimpan prasangka dan mengarah pada perbuatan menggunjing yang jelas dilarang dalam Islam. Seorang Muslim tentu tidak akan bersikap kepo terhadap kesalahan orang lain. Kepo tentu merupakan perbuatan yang tidak mendatangkan manfaat dan tidak berguna.

Kepo Banget sih Dengan Urusan Orang Lain

Apakah kepo bagus?

Kepo membuat pengetahuanmu bisa berkembang jadi lebih luas. Kepo nggak cuma membuat kamu tahu soal berita-berita orang tertentu, tapi juga bisa membuatmu punya pengetahuan yang luas. Misalnya, kamu bisa tahu lebih banyak tentang seputar pekerjaan yang sedang kamu incar.

Apa akibat orang kepo? Dampak negatif sifat kepo

Menimbulkan penyakit hati (iri). Tidak semuanya suka dengan suatu pencapaian seseorang. Jika kamu sudah tahu capaian seseorang maka sekedar tahu saja. Jika lebih dikepoin justru timbul rasa iri, maka lebih baik hindari itu.

Apa perbedaan kepo dan peduli?

Orang kepo berusaha sekuat tenaga untuk menggali informasi saja. Orang yang peduli gak akan memaksamu untuk bercerita secara detail tentang apa yang terjadi pada dirimu. Mereka memberimu pilihan untuk bercerita atau tidak. Hal ini sangat berbeda dengan orang kepo yang berusaha menggali informasi dengan berbagai cara.

Orang kepo itu apa?

Kepo alias selalu ingin tahu adalah salah satu perilaku yang menunjukkan bahwa seseorang punya rasa penasaran tinggi.

8 Cara Mengatasi Orang Kepo yang Mengganggu

  1. Perhatikan Isyarat Datangnya Kepo.
  2. Katakan yang Sebenarnya.
  3. Putuskan Apa yang Membuat Pertanyaannya “Kepo”
  4. Berlatih Cara Menjawab Sesuai Kesantunan.
  5. Gunakan Pengalihan.
  6. Nyatakan Ketidaknyamanan Anda.
  7. Sadarilah, Beberapa Orang adalah Seorang Pemaksa.

5 Langkah Menyikapi Teman yang Hobi Kepo

Keberadaan teman-teman di sekitar yang memiliki tingkat kepo berlebihan memang menjadi tantangan tersendiri. Bahkan informasi kecil dan tidak penting pun akan dikorek habis-habisan. Terlepas itu permasalahan yang pantas diketahui publik atau justru permasalahan privasi. Berhadapan dengan tipe teman seperti ini, sudah pasti kami harus mampu menyikapinya secara bijak. Lantas, apa sajakah yang harus dilakukan saat menghadapi tipe teman yang demikian? Berikut lima langkahnya di bawah ini. Perhatikan baik-baik, ya.

1. Jaga jarak

Pernahkah kamu memiliki teman yang memiliki rasa ingin tahu berlebihan? Jika rasa ingin tahu tersebut terkait perkembangan ilmu pengetahuan mungkin tidak masalah. Namun sayangnya, rasa ingin tahu berlebihan tersebut justu menyangkut urusan orang lain. Ketika berhadapan dengan tipe orang seperti ini, kamu tidak bisa bertindak sembarangan. Salah satu langkah yang harus dilakukan yaitu dengan jaga jarak. Hindari mengakrabkan diri dengan mereka jika kamu tidak ingin informasi pribadimu dikorek berlebihan.

2. Buat batasan diri yang tegas

Pernahkah kamu mendengar personal boundaries? Perlu diketahui, personal boundaries ini merupakan batasan diri yang kamu terapkan ketika sedang bergaul. Ini penting agar dirimu tidak dikendalikan oleh orang lain. Membuat batasan diri yang tegas juga termasuk langkah penting ketika kamu sedang berhadapan dengan teman kepo, lho. Batasan diri yang tegas membuat mereka sungkan ketika hendak ikut campur dalam ranah privasimu.

3. Hindari obrolan menyangkut privasi 

Asyik mengobrol memang sering membuat kita lupa diri. Karena larut dalam keseruan, tanpa sadar kamu mengumbar permasalahan privasi. Apalagi jika di lingkungan sekitarmu turut diwarnai dengan orang-orang kepo. Lantas, bagaimana cara yang bijak untuk menyikapinya ketika itu sedang terjadi? Salah satu yang penting dilakukan yaitu hindari obrolan yang menyangkut privasi. Dengan demikian, risiko keceplosan permasalahan privasi semakin minim.

4. Segera alihkan topik pembicaraan

Ada beragam topik pembicaraan yang bisa dipilih ketika nongkrong. Tapi tahukah kamu? sebagian orang ternyata ada yang gemar membicarakan urusan privasi secara berlebihan, lho. Bahkan mereka akan berusaha dengan segala cara untul mendapatkan detail informasi dari orang lain. Berhadapan dengan mereka yang hobi kepo, salah satu langkah penting yang harus diterapkan yaitu segera alihkan topik pembicaraan. Pilihan tema obrolan lain yang sekiranya tidak menyangkut urusan privasi.

5. Jangan sampai terpancing oversharing

Siapa, sih yang tidak kenal curhat? Setiap dari kita pasti pernah menjumpai aktivitas tersebut. Terkadang berawal dari curhat pada akhirnya kebablasan. Apa yang seharusnya disimpan sendiri justru tersebar luas ke banyak orang. Tentu saja ini menjadi catatan penting. Salah langkah di saat berhadapan dengan teman super kepo yaitu jangan sampai terpancing oversharing. Urusan privasi yang tersebar luas bisa jadi akan semakin memperumit masalah.