Jangan Terlalu Sering Minta Tolong Kepada Orang Lain, Ini Dampak Buruknya Yang Akan Terjadi Dengan Kamu

Manusia memang tidak bisa hidup sendirian pastinya membutuhkan orang lain, namun hal itu dilakukan tidak secara berlebihan sehingga membuat orang lain merasa tidak nyaman dengan kita. Jika kita terlalu sering berharap akan ada bantuan dari orang lain maka akan berdampak buruk terhadap diri kita sendiri.

Seoalh-olah kedua tangan dan kaki yang Allah berikan tidak ada gunanya jika kamu selalu ketergantungan kepada orang lain.

Berikut beberapa dampak buruk jika kamu sering mengandalkan orang lain :

1. Kamu tidak akan pernah mandiri


Kehidupan di dunia ini memang penuh dengan tantangan dan ujian yang Allah berikan. Namun tidak ada alasan jika kamu sering mengandalkan orang lain untuk berbuat sesuatu meskipun hal kecil sekalipun. Akhirnya membuat kamu merasa ketergantungan terhadap orang lain sehingga setiap hal yang ingin kamu lakukan selalu berharap ada uluran tangan dari seseorang.

Jangan sampai untuk sesuap nasi kamu masih mengandalkan tangan dan kaki orang lain, ingat itu adalah tanggung jawab kamu untuk memenuhi kebutuhan kamu sendiri.

2. Tidak punya rasa tanggung jawab terhadap diri sendiri


Meninggalkan tanggung jawab yang seharusnya menjadi kewajiban kamu merupakan dampak buruk dari terlalu seringnya mengandalkan orang lain. Seolah-olah kamu merasa aman dengan tanggung jawab yang seharusnya kamu selesaikan sendiri namu  kamu berpikir akan ada tangan orang lain yang akan menyelesaikannya.

Kalau sudah seperti ini artinya kamu orangnya tidak bertanggung jawab dengan apa yang seharusnya menjadi kewajiban kamu

3. Hidup dipenuhi rasa kecewa


Kamu pasti sering meminta bantuan kepada teman kamu untuk mengerjalan sesuatu, pada hal itu untuk kepentingan pribadi kamu sendiri. Sudah berapa banyak kesempatan yang kamu buang begitu saja dikarenakan kamu tidak bisa melakukannya dengan sendiri.Tidak selamanya orang yang kamu andalakan akan terus ada disisi kamu, suatu saat pasti mereka akan pergi meninggalkan kamu.

Dikarenakan orang lain tidak punya waktu untuk membantu kamu, secara tidak langsung kamu merasa sangat kecewa dengan hal tersebut. Perlu diketahui bahwa berharap kepada manusia secara berlebihan tidak akan pernah membuat kehidupan kamu menjadi lebih baik tapi berharaplah kepada Allah SWT yang menciptakan segala sesuatu.

4. Kamu seperti pecundang karena sering mengandalkan orang lain


Dengan bergantung pada orang lain secara tidak langsung kamu telah membatasi ruang gerak kamu sendiri. Jika seperti adanya kamu telah menempatkan diri kamu di posisi sebagai orang yang lemah 'pecundang' karena selalu berharap dan akan terus berharap kepada orang lain.

Kesannya kamu seperi pengemis yang hanya bisa memnita tanpa bisa memberi apapun kepada diri sendiri apa lagi kepada orang lain.

"Memberi tidak akan membuat kamu miskin, justru Allah akan gantikan dengan yang lebih banyak lagi meski tidak persis sama seperti apa yang kamu berikan kepada orang lain"

"Mencoba adalah jembatan yang akan mempertemukan kamu pada sebuah jawaban" @alkoyendra

Demikianlah sedikit ulasan mengenai Dampak Buruk Terlalu Sering Bergantung Kepada Orang Lain. Mohon maaf atas segala kekurangan dari artikel ini serta jika ada gaya bahasa. Tidak bermaksud untuk menyinggung pribadi seseorang.

0 Response to "Jangan Terlalu Sering Minta Tolong Kepada Orang Lain, Ini Dampak Buruknya Yang Akan Terjadi Dengan Kamu"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel