Cara Mengatasi Windows 10 Lemot

Permasalah systeom operasi berat tentunya menjadi bagi masalah bagi setiap orang yang menggunakan perangkat Komputer/Laptop.

Cara mengatasi windows 10 yang lemot sebenarnya sangat mudah. Mungkin kamu pernah mengalami windows 10 yang kamu gunakan semakin hari semakin lambat alias ngelag?

Cara mudah mengatasi windows 10 lemot dan lelet

Mulai dari lamanya membuka program? hingga ke startup windows 10 yang lama?

Seringnya not responding? Ataupun saat internetan terasa lemot kayak keong?

Di tutorial kali ini akan saya jelaskan secara detail cara mudahnya untuk mengatasi laptop lemot saat menggunakan windows 10.

Baca juga : Download Microsoft Office Portable 2010 - High Compress

Jadi jika spesifikasi komputer maupun laptop kamu berada di bawah standar di atas. Jangan coba-coba menggunakan windows 10. Karena sudah pasti kinerjanya akan lambat.

Keluhan yang paling sering dialami pengguna windows 10 adalah tentang performa kecepatan yang semakin lama semakin menurun, khususnya pada komputer yang standar dan lamanya start menu tampil apabila diklik (sekarang sudah diperbaiki di versi windows 10 terbaru).

Baca juga : Cara Mengubah Fungsi Tanda Koma Menjadi Tanda Titik Pada Keyboard

Sebenarnya cara untuk mempercepat windows 10 ini berlaku juga untuk windows 7, dan windows 8.

Karena pada dasarnya penyebab windows 10 lemot adalah prosesor dan keterbatasan memori, terutama RAM.

Namun jangan khawatir, meskipun spesifikasi laptop kamu hanya standar kamu masih bisa kok menikmati kinerja laptop windows 10 tanpa ngelag atau lemot sedikitpun.

Berikut alkoyendra.com sajikan artikel Cara Mengatasi Windows 10 yang Lemot (Lengkap) terbaru 2022 :

1. Matikan program di Stratup Windows yang tidak penting

Masalah ini berawal ketika kamu sudah mulai banyak menginstall program. Tanpa kamu sadari program yang kamu install akan aktif dengan sendirinya di startup saat komputer dinyalakan, meskipun aplikasi itu tidak sedang kamu gunakan.

Hal inilah yang menyebabkan Windows 10 lemot saat booting. Pada saat booting windows 10 menjadi lama karena harus menunggu semua program yang aktif di startup selesai berjalan.

Cara mengatasi hal ini cukup mudah yaitu disable semua program yang tidak berguna di startup. Tekan Windows+R, ketikkan msconfig, kemudian enter. Terakhir disable program yang gak jelas fungsinya.

2. Bersihkan file di folder temp

File temp adalah file yang berada di folder temp pada local disk C. File pada folder ini merupakan file sementara hasil ekstrak sebuah aplikasi atau bekas editor desain corel, word dan aplikasi lainnya yang telah kita buat semua tersimpan di folder ini.

Apabila tidak dihapus file ini bisa bertumpuk hingga bergiga-giga dan pasti akan memakan memory laptop sehingga windows akan semakin lemot.

Cara menghapus file ini cukup mudah tanpa menggunakan aplikasi tambahan. Cukup tekan Windows+R, kemudian ketikkan %temp%, selanjutnya tekan Enter. Kemudian Ctrl+A untuk mengeblok semua file dan tekan Shift+Del (untuk menghapus permanent).

Saya sarankan ketika menjalankan perintah di atas, semua program sudah di tutup agar semua file bisa terhapus dengan sempurna.

3. Hapus backup windows update (windows old)

Saat kita mengupdate windows ke versi yang terbaru, akan tersimpan file backup windows yang lama di hardisk. Biasa kita sering menyebutnya dengan windows old. File ini sebenarnya tidak kita perlukan dan justru bisa membuat kinerja laptop menjadi lemot.

Oleh karena itu sebaiknya setiap selesai update, pastikan untuk menghapus file ini. Caranya yaitu cukup ketikkan Disk Cleanup di kotak pencarian Windows 10, lalu buka, kemudian pilih drive yang akan di analysis (Local Disk C), klik OK dan tunggu hasilnya.

4. Bersihkan File di Folder Prefetch

Caranya sangat mudah, cukup tekan tombol windows+R, kemudian ketikkan prefetch dan enter. Apabila ada permintaan ijin administrator, klik OK saja. Hapus semua file yang ada di folder prefetch ini.

5. Biasakan untuk mendfrag partisi

Defragment drive berfungsi untuk menata file yang ada di drive supaya mudah dibaca oleh Windows. Sehingga windows 10 menjadi lebih cepat dalam membaca file di memory atau drive setiap partisi.

Cara melakukan defrag partisi:

Buka windows explorer (Windows+E), kemudian klik kanan pada local disk (C), pilih properties, klik pada menu Tool, klik optimize pada bagian optimize and defrag drive. Apabila tab Optimize drive sudah terbuka langkah terakhir klik Optimize untuk setiap partisi dan silahkan tunggu sampai muncul tulisan “OK (0% fragmented)”.

7. Matikan visual effect yang tidak perlu

Pengaturan windows 10 pada bagian Performance akan otomatis windows yang memilih mana yang terbaik. Tapi demi kenyamanan dalam menggunakan Windows 10 baik dari segi kecepatan dan tampilan, kamu dapat mengatur visual effect mana yang ingin kamu tampilkan untuk mengurangi beban kerja laptop.

Caranya yaitu:

Buka Windows Explorer, klik kanan pada This PC, lalu pilih properties. Selanjutnya pilih Advanced System Settings, lihat pada bagian performance pilih setting, lalu ubah ke custom. Silahkan pilih visual effect mana yang akan kamu gunakan.

Jika bingung, silahkan ikuti settingannya seperti gambar berikut. Settingan ini sudah saya sesuaikan sedemikian rupa agar efek yang tidak penting tidak aktif namun masih nyaman digunakan.

Apabila bingung, Silahkan baca artikel tentang cara mengatasi laptop lemot dan penyebabnya pada bagian nomor 7.

8. Bebaskan sebagian memory hardisk laptop

Tidak di pungkiri lagi penyebab utama dari lambatnya sebuah kinerja laptop adalah terletak pada memorinya. Oleh karena itu jangan lupa untuk menghapus sebagian file-file yang tidak berguna di hardisk seperti film dan lain sebagainya yang sudah lama dan menumpuk.

Terlebih lagi jangan menyimpan file-file penting di local disk C. Pindahkan semua file download anda di local disk yang lain. Karena apabila anda simpan di C maka akan mempersempit memori yang digunakan untuk aplikasi.

Untuk Local disk C, jangan sampai memory ini penuh dan berwarna merah. Karena akan memperlambat kinerja komputer saat banyak aplikasi dijalankan.

9. Gunakan SSD

SSD mempunyai kecepatan baca dan tulis yang jauh di atas hardisk. Dengan kecepatan baca dan tulisnya yang sangat cepat, SSD akan membuat semua pemrosesan aplikasi juga menjadi lebih cepat.

Jaman sekarang SSD juga sudah agak murah. Beli SSD yang 240GB juga sudah cukup. Terus untuk datanya simpan dimana?

Data laptop yang besar sebaiknya kamu simpan di hardisk saja. Kan kalau upgrade ke ssd hardisk laptopnya nganggur. Bisa dijadikan hardisk eksternal untuk simpan data.

Jika kamu masih ingin menggunakan laptop yang sekarang untuk jangka waktu yang lama. Saya sangat sarankan untuk upgrade ke SSD.

10. Pasang antivirus berkualitas

Terkadang beberapa antivirus yang kamu pasang di komputer justru menghambat kinerja komputer. Terlalu banyak menggunakan memory sehingga sering not responding.

Perhatikan juga kapasitas komputer, apabila memory RAM di bawah 2GB jangan menggunakan antivirus yang besar seperti bitdefender.

Namun gunakanlah antivirus yang ukurannya lebih kecil namun ampuh seperti eset smart security (silahkan baca rekomendasi antivirus ringan untuk widows 10). Jangan biarkan virus dari laptop tetangga berkembang biak di laptopmu!

Sebenarnya dengan menggunakan antivirus bawaan di windows 10 sudah cukup ampuh untuk menangani virus dan sejenisnya. Namun agar tetap ampuh kamu harus sering-sering mengupdate antivirusnya.

11. Update windows 10 minimal ke versi creator update

Kenapa saya sarankan untuk mengupdate windows 10 ke creator update?

Karena dalam windows 10 versi ini terdapat perbaikan pada masalah windows versi sebelumnya. Contohnya seperti masalah lamanya tombol start dan pencarian muncul ketika diklik. Masalah ini sudah tidak ada lagi di windows 10 creator update.

Masih ada beberapa perbaikan yang lain, yang jelas windows ini mendukung ekosistem yang lebih soft dan kompatible terhadap aplikasi dan VGA.

Apabila semua langkah di atas sudah kamu praktekkan, silahkan restart. Lihat sekarang Windows 10 kamu akan semakin cepat dan tidak lemot lagi.

Masalah booting lama sudah hilang dan selamat menikmati windows 10 yang super lancar.

Artikel terkait : Asus, Toshiba, Acer, Lenovo, LG, HP, windows 10 lemot di ram 2gb, windows 10 lemot di ram 4gb, cara mengatasi laptop asus lemot windows 10, cara mengatasi windows 10 lemot setelah update, cara mengatasi windows 10 lemot dengan regedit, cara mengatasi laptop lemot windows 10 temp, windows 10 lemot saat terhubung ke internet, windows 10 lemot saat startup, cara mengatasi komputer lemot windows 10, komputer lemot windows 7, komputer lemot temp, komputer lemot windows 10, solusi komputer lemot, cara mengatasi komputer lemot dengan cmd, cara membersihkan komputer lemot, mengatasi komputer lemot tanpa instal ulang