Fakta Menarik Sang Ratu Elizabeth Bikin WoW Banget!!!

Kabar duka datang dari Kerajaan Inggris. Ratu Elizabeth II dinyatakan wafat pada Kamis (8/9/2022) atau Jumat dini hari waktu Indonesia di Istana Balmoral, Skotlandia.

Ratu Elizabeth meninggal dunai diusia 96 tahun

Keluarga sang ratu, termasuk anak-anak dan cucunya memang telah berkumpul di Balmoral setelah para dokter kerajaan mengumumkan kondisi kesehatannya yang terus menurun.

Dilansir BBC, Ratu Elizabeth II merupakan penguasa Inggris terlama. Ia menjadi Ratu Inggris selama 70 tahun. Ratu Elizabeth meninggal dunia pada usia 96 tahun.

"Sang Ratu telah wafat dengan tenang di Balmoral pada malam ini," demikian diumumkan Kerajaan Inggris.

Setelah wafatnya Ratu Elizabeth II maka anak sulungnya, Pangeran Charles yang akan naik takhta sebagai Raja Inggris. Semasa hidupnya Ratu Elizabeth telah melakukan berbagai hal. Berikut beberapa fakta menarik mengenai Ratu Elizabeth II mengutip Punch.

1. Tidak dilahirkan di istana

Rupanya Ratu Elizabeth II tidak dilahirkan di istana kerajaan. Sebagai anak pertama dari Duke dan Duchess of York, calon Raja George VI dan Ratu Elizabeth, rupanya ia tidak dilabirkan di istana. Ratu Elizabeth II dilahirkan di sebuah townhouse dibLondon milik kakek dan nenek pihak ibu Skotlandia, Earl dan Countess of Strathmore pada 21 April 1926.

2. Bersekolah di rumah

Ratu Elizabeth II tidak menempuh pendidikan secara umum. Ia bersekolah di rumah bersama saudaranya, Putri Margareth yang lahir pada 1930. Pelajaran yang ditekuni keduanya lebih mengarah pada sejarah, bahasa, sastra, dan musik dengan pengawasan sang ibu dan pengasuh.

3. Ada di Kenya saat Raja George VI meninggal

Saat Raja George VI meninggal pada 1952, Ratu Elizabeth bersama sang suami, Pangeran Philip sedang berada di Kenya. Pangeran Philip juga menjadi sosok yang menyampaikan kabar wafatnya sang ayah kepadanya.

4. Menjadi ratu pada usia muda

Raja George VI meninggal pada 6 Februari 1952 di usianya ke-56. Setelah itu, Ratu Elizabeth II menggantikan posisinya pada usia 25 tahun. Ratu Elizabeth II dimahkotai di Westminster Abbey di pusat kota London pada 2 Juni 1953.

5. Menjadi kepala tujuh negara

Di usia 25 tahun, Ratu Elizabeth II menjadi ratu dari tujuh negara Persemakmuran yang merdeka, di antaranya Inggris Raya, Kanada, Australia, Selandia Baru, Afrika Selatan, Pakistan, dan Ceylon (sekarang dikenal sebagai Sri Lanka).

6. Raja Inggris pertama yang mengunjungi Republik Irlandia

Pada 2011, Ratu Elizabeth II tercatat sebagai pemimpin Inggris pertama yang mengunjungi Republik Irlandia. Itu menjadi kunjungan pertama setelah negara tersebut menyatakan kemerdekaan pada 1922.

7. Melakukan tur ke setiap wilayah Inggris

Ratu Elizabeth II melakukan tur ke setiap wilayah Inggris menjelang pesta empat hari pada bulan Juni untuk menandai Yubelium berliannya.

8. Kepala dari 54 negara Persemakmuran

Kepala Persemakmuran pertama kali sebelumnya dipegang sang ayah Raja George VI. Setelah meninggal, Ratu Elizabeth menjadi kepala dari 54 negara Persemakmuran tersebut.

9. Pemimpin yang paling sering berpergian

Ratu Elizabeth II tercatat sebagai kepala negara yang paling sering berpergian. Tercatat ia telah mengunjungi lebih dari 120 negara di enam benua di dunia. Di luar Inggris, Kanada menjadi negara yang paling sering didatanginya.

10. Pemimpin Inggris terlama

Setelah sebelumnya dipegang Ratu Victoria yang memerintah selama 64 tahun, Ratu Elizabeth II melampaui hal itu. Ia memerintah Inggris selama 70 tahun tujuh bulan dan menjadi raja terlama yang memimpin.