10 Kesalahan FATAL Saat Pengisian Daya Baterai Smarphone

Saat ini kita hidup ketakutan jika baterai kita kosong terutama ketika kita berada diluar rumah atau keadaan dimana kita harus ponsel kita tetap aktif. Mengisi daya smartphone sangatlah mudah namun ada beberapa hal yang tidak boleh dianggap remeh, jika hal ini dilakukan secara terus menerus akan berdampak buruk terhadap baterai yang cukup fatal.

Berikut 10 kesalahan yang sering dilakukan pengguna saat mengisi daya smartphone :

1. Sering menggunakan PowerBank
Kebutuhan pemakai ponsel banyak dari kita yang menggunakan powerbank tapi tahukah kalian panas yang dipancarkan dari pengisian powerbank akan dapat merusak baterai ponsel kalian juga. Oleh karena itu ada baiknya menggunakan metode pengisian daya seperti biasanya dan memakai powerbank salah satu alternatif ketika kondisi benar-benar darurat..

2. Tidak menggunakan atau mengoperasikan ponsel saat pengisian daya / charger
Banyak yang bilang penggunaan ponsel saat di cas akan menurunkan kualitas daya tahan baterai memburuk, namun ternyata hal itu adalah MITOS.

Kalian dapat menggunakan ponsel kalian ketika kalian sedang mengisi daya atau di cas, mungkin butuh waktu yang lama agar baterai terisi penuh dari biasanya namun jangan khawatir penggunaan tersebut tidak akan merusak baterai ponsel kalian.Faktanya, ponsel sering mengaktifkan diri sendiri walaupun dalam kondisi saat pengisian daya atau di charger, misalnya update software saat menggunakan Wifi ataupun notifikasi dari media sosial ataupun pemberitahuan lainnya. Yang harus dihindari sebenarnya adalah mengurangi penggunakan aplikasi secara bersamaan agar daya tahan baterai cukup lama.

3. Mengecas di suhu yang ekstrim
Kalian pernah memperhatikan bahwa aktivitas ponsel kalian menjadi lamban dan lemot dikarenakan digunakan dibawah sinar matahari atau berada disuatu tempat yang panas, semua itu disebabkan baterai ponsel tidak stabil karena suhu yang ekstim panas atau dingin.

Ataupun saat pengisian daya baterai ponsel tidak dibenarkan menarok smartphone kalian di barang elektronik yang dapat memicu panas seperti menarok ponsel diatas televisi yang sedang menyala. Baterai ponsel akan bekerja lebih efektif jika berada di suhu yang nyaman seperti suhu saat berada dikamar kalian.

4. Menggunakan charger atau kabel tiruan aliasn palsu bukan original
Merupakan sesuatu hal yang sangat disarankan untuk menggunakan charger original asli langsung dari kotak pembelian smartphone. Namun jika charger rusak tidak ada salahnya membeli charger yang original ke toko-toko yang terpercaya. Walaupun harganya sedikit mahal dibandingkan charger tiruan Tidak ada salahnya kita menggunakan charger yang original.

Kabel USB yang dijual di pasaran biasanya bersifat universal artinya kabel tersebut dapat mengisi daya semua jenis ponsel yang cocok dengan slot kabel USB tersebut. Sayangnya kalian semua tidak tahu bahwa tidak semua kepala charger cocok untuk semua jenis smartphone.

Beberapa kepala charger di desain sebaik mungkin untuk memutuskan hubungan listrik ketika pengisian daya 100% full Jadi kalian harus periksa kembali apakah kepala charger tersebut cocok untuk smartphone yang kalian gunakan

5. Mematikan koneksi tapi bermain game saat pengisian daya atau sedang di cas
Kalian pasti berfikir bahwa pemakaian baterai ponsel terbesar adalah pemakaian paket data atau mengaktifkan jaringan. Walaupun kalian mematikan koneksi seperti wi-fi bluetooth GPS akan tetapi kalian sedang bermain game dan muncullah Pertanyaan kenapa baterai ponsel saya begitu lama 100% nya atau full, kabar buruknya adalah bermain game saat mengecas ataupun menonton video saat dicas grafiknya sangat besar sehingga mengkonsumsi daya baterai yang sangat besar ketimbang Browsing di internet atau bersosial media.

6. Mengecas ponsel yang baru dibeli sampai 100%
Banyak yang berpendapat bahwa Kalau ponsel yang baru dibeli harus dicas sampai full 100% baru bisa digunakan, hal ini ada benarnya jika ponsel yang menggunakan baterai yang berbasis nikel akan berdampak buruk terhadap daya tahan baterai, sedangkan ada beberapa jenis baterai yang bisa digunakan atau dicas sampai full setelah pembelian smartphone namun tidak dianjurkan harus dicas sampai 100% jika sumber panasnya baru dibeli.

7. Menggunakan charger nirkabel
Hari ini terlihat sangat nyaman Kalian tidak perlu membawa kabel usb ataupun kepala charger. Untuk saat ini charger nirkabel sangat berbahaya untuk pengisian daya karena memancarkan panas yang seperti sebelumnya bahwa suhu panas dapat menyebabkan kualitas daya tahan baterai rusak atau Down.

8. Kabel charger terlalu panjang
Banyak yang tidak tahu bahwa semakin panjang kabel USB maka semakin panas alirannya mengalir melalui kabel USB tersebut. Makanan itu sering kita perhatikan bahwa di mana saat kita membeli power bank selalu diberikan kabel USB yang pendek kurang lebih 20 cm ataupun 10 cm itu pun sudah maksimal panjangnya. Ataupun kabel USB yang terlalu panjang dapat menyebabkan daya yang hilang begitu saja disebabkan kabel tersebut yang panjang.

9. Ngecas sambil tidur pada saat malam hari
Kebiasaan buruk ini sering dilakukan oleh pengguna smartphone mereka mengecas Smartphone nya sambil berbaring akhirnya mereka terlelap dan terbangun di pagi hari ini kan baru sadar bahwa mereka masih dalam pengisian daya walaupun sudah full 100% atau dengan kata lain bahwa mereka telah melakukan over charging.

Ancaman saat ini yang sering terjadi adalah Smartphone meledak di sebabkan digunakan saat dicas ataupun dicas pada saat malam hari tentunya kita sedang tertidur lelap ini sangat berbahaya dan sangat fatal bagi keselamatan smartphone maupun keselamatan pengguna smartphone.

10. Pengisian daya dari 0% sampai 100%
Jika kalian menunggu baterai 0% baru dicas hal ini sangat fatal untuk dilakukan atau kebiasaan yang sangat buruk terhadap pemeliharaan baterai ponsel kalian, ada baiknya kita charger handphone ataupun Smartphone kita dibatasi atau Minimal 30% kita harus mengisi daya ulang tanpa harus menunggu 0%.

Kalian tidak perlu menunggu sampai penuh untuk mencabut atau memberhentikan pengisian daya Namun kita bisa mencabut atau memberhentikan pengisian daya sekitar 80% tidak harus 100% karena dapat menyebabkan efek buruk yaitu panas pada baterai Smartphone ataupun baterai ponsel yang kalian gunakan.

Itulah 10 kesalahan yang sangat fatal saat pengguna smartphone mengisi daya smartphone miliknya semoga bermanfaat bagi kalian dan jangan lupa share ke sosial media kalian. terima kasih

0 Response to "10 Kesalahan FATAL Saat Pengisian Daya Baterai Smarphone"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel