Cara Mengatasi Masalah Yang Sering Terjadi Pada Windows 10

Berbagai masalah pada windows 10 sering kita temui berupa masalah windows 10 tidak bisa update, automatic repair, tidak bisa konek wifi, blue screen, black screen, yang lambat atau lemot, tidak bisa klik start, expired, error, undoing changes made to your computer, tidak ada suara, lupa, password , bahkan win 10 sering restart sendiri.

Pada ininya permasalahan pada windows 10 sering menjadi keluhan bagi pengguna System Operasi (OS) Windows 10 sering dianggap sebagai permasalahan umum yang sering terjadi. Jangan khawatir, disini saya sudah menyediakan solusi untuk mengatasi masalah umum yang sering terjadi pada windows 10.



Berikut cara mengatasi masalah umum yang sering terjadi pada Windows 10 :

1. Windows 10 Tidak Dapat Instal Update Windows

Masalah: Tidak dapat menginstal update di Windows 10, setelah update Windows yang dilakukan macet yang disebabkan (seperti Internet atau listrik mati atau sistem macet).

Solusi: Masalah tersebut terjadi karena file update Windows rusak. Oleh karena itu, Anda harus menghapus file yang rusak untuk memecahkan masalah, yang dapat dilakukan dengan mudah dengan mengikuti langkah-langkah ini:
  1. Tekan tombol Win + R untuk membuka dialog Run
  2. Ketik “C:\Windows\SoftwareDistribution\Download” dan tekan OK
  3. File Explorer terbuka – hapus semua file / folder di direktori ini (jika Anda tidak dapat menghapus file, booting Windows ke ‘safe mode’ dan kemudian coba hapus file tersebut)
  4. Restart kembali PC Anda dan coba jalankan update Windows lagi – ini akan berhasil

2. Windows Store Tidak Dapat Instal atau Update Aplikasi

Masalah: Tidak dapat menginstal atau mengupdate aplikasi melalui Windows Store setelah mengupgrade sistem ke Windows 10. Dan Anda merasa OS baru ini kurang lebih tidak berguna bagi Anda.

Solusi: Masalah muncul karena file cache yang berlebihan yang mengacaukan sistem Anda, menyebabkan berbagai masalah termasuk yang ini. Masalah ini dapat diatasi dengan membersihkan file-file yang di-cache, yang dapat dilakukan menggunakan langkah-langkah ini:
  1. Tekan tombol Win + R untuk membuka dialog Run
  2. Ketik “WSReset.exe” dan klik OK
  3. Sebuah jendela hitam kosong akan muncul yang akan ditutup secara otomatis setelah beberapa detik
  4. Windows Store juga akan terbuka setelahnya, dan bahkan jika tidak, buka Windows Store sendiri dan coba instal atau update aplikasi sekarang – ini akan berhasil

3. Tidak Dapat Menemukan ‘Open With’ di Windows 10

Masalah: Tidak dapat menemukan opsi ‘Open With’ di menu konteks setelah mengklik kanan file apa pun di Windows 10. Saya tidak yakin itu menghilang setelah upgrade ke Windows 10, tetapi ingin mendapatkan ‘Open With’ kembali.

Solusi: Masalah ini jarang terjadi tetapi sangat mungkin terjadi karena beberapa file sistem hilang atau rusak atau pengaturan konfigurasi setelah upgrade ke Windows 10. Masalah ini dapat diperbaiki dengan mengikuti langkah-langkah berikut:
  1. Buka Notepad
  2. Ketik yang berikut: Windows Registry Editor Version 5.00
  3. [HKEY_CLASSES_ROOT\*\shellex\ContextMenuHandlers\Openwith]@=”{09799AFB-AD67-11d1-ABCD-00C04FC30936}
  4. Simpan file dengan membuka File -> Save as (dan bukan Save), dan ketik “Openwith.reg” sebagai nama file dan pilih ‘All files’ dan klik OK
  5. Tutup Notepad dan klik dua kali pada file ini untuk membuka
  6. Tekan “Yes” di dialog konfirmasi dan coba gunakan ‘Open With’ sekarang – ini akan muncul kembali

4. Tidak Dapat Login Secara Otomatis menggunakan Akun Microsoft

Masalah: Tidak dapat menggunakan fasilitas ‘login otomatis’ menggunakan akun Microsoft (baru). Saya benar-benar berharap saya tidak perlu mengetikkan kata sandi setiap kali masuk ke Windows 10.

Solusi: Login secara otomatis menggunakan akun Microsoft dinonaktifkan di Windows 10, dan untuk mengaktifkan fitur ini, ikuti langkah-langkah ini:
  1. Tekan tombol Win + R untuk membuka dialog Run
  2. Ketik “netplwiz” dan tekan OK
  3. Di jendela yang terbuka, klik pada akun yang Anda inginkan untuk mengaktifkan login otomatis.
  4. Hapus centang pada opsi ‘Users must enter a username and password to use this computer’ dan klik OK
  5. Masukkan password akun dua kali dalam dialog baru, dan klik OK untuk mengaktifkan login otomatis dan coba login secara otomatis sekarang – itu akan berfungsi kembali

5. Windows 10 Berlebihan Menggunakan Data Seluler

Masalah: Saya perhatikan bahwa mengakses internet menggunakan data seluler ke Windows 10 melalui WiFi Hotspot menghabiskan data seluler lebih cepat dari sebelumnya. Saya menemukan bahwa update otomatis Windows 10 adalah salah satu sumber utama, dan bahkan berbagai aplikasi metro menggunakan banyak data. Bagaimana saya bisa menonaktifkannya?

Solusi: Masalah terjadi di Windows 10 karena update otomatis dan aplikasi lain memakan data, bahkan jika Anda terhubung ke hotspot. Untuk memperbaiki masalah ini, Anda dapat mengatur hotspot yang ditambatkan sebagai “metered connections” dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini:
  1. Sambungkan ke koneksi tethered (WiFi Hotspot)
  2. Buka Settings baru dan kemudian ‘Network & Internet’
  3. Pilih Wi-Fi di sebelah kiri dan klik ‘Advanced Options‘
  4. Set ke status ‘Set as metered connection’.
  5. Baca : 5 Cara Meningkatkan Kecepatan Internet dengan Command Prompt

6. WiFi Sense Risks Privacy

Masalah: Saya tidak menemukan WiFi Sense sama bermanfaatnya dengan yang diiklankan dan menganggapnya menyangkut privasi. Saya ingin menonaktifkan ‘Sense WiFi’ di PC Windows 10 saya dan mencegah siapa pun (termasuk teman dan kerabat saya) untuk secara otomatis terhubung ke jaringan WiFi.

Solusi: WiFi Sense mengenkripsi dan membagikan kata sandi jaringan WiFi Anda dengan daftar kontak spesifik Anda sehingga mereka dapat terhubung secara otomatis ke jaringan WiFi Anda. Meskipun bermanfaat, ini berisiko privasi dan untuk menonaktifkan WiFi Sense, silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Sambungkan ke koneksi tethered (WiFi Hotspot)
  2. Buka Settings baru dan kemudian ‘Network & Internet’
  3. Pilih Wi-Fi di sebelah kiri dan klik ‘Manage Wi-Fi settings’
  4. Hilangkan centang pada opsi ‘Connect to suggested open hotspots’ dan ‘Connect to networks shared by my contacts’ untuk menonaktifkan WiFi Sense

7. Tidak Dapat Membuka Menu “Start” di Windows 10

Masalah: Setelah upgrade ke Windows 10, saya tidak bisa membuka menu “Start” atau Start Screen. Semua yang lain berfungsi dengan sangat baik, tetapi menu atau layar Start tidak bekerja meskipun menekan tombol Windows di keyboard atau tombol Start di taskbar Windows.

Solusi: Ini mungkin terjadi karena pemasangan file sistem yang tidak tepat. Untuk mengatasi masalah ini, harap ikuti langkah-langkah berikut:
  1. Buka dialog Run dengan menekan Win + R
  2. Ketik “sfc / scannow” dan tekan Enter
  3. Prompt perintah kosong akan membuka dan menutup (dalam sekejap, mungkin)
  4. Restart kembali PC untuk memeriksa apakah itu membantu
  5. Jika tidak berhasil, ikuti proses berikut: Cari “cmd”, dan klik kanan & pilih ‘Run as Administrator’
  6. Ketik “Dism /Online /Cleanup-Image /RestoreHealth” dan tekan OK
  7. Nyalakan kembali PC setelah scan selesai – ini akan berhasil
Jika metode di atas tidak berhasil juga, silahkan ikuti langkah-langkah ini:
  1. Paste path di bawah ini di File Explorer dan buka. Setelah itu, klik kanan pada Command Prompt dan pilih “Run as administrator”.
  2. C:\Users\Centerklik\AppData\Roaming\Microsoft\Windows\Start Menu\Programs\System Tools
  3. Sekarang, ketik start PowerShell dan tekan enter.
  4. Setelah Anda berada di jendela PowerShell, jalankan perintah di bawah ini dan tunggu sebentar.
  5. Get-AppxPackage | % { Add-AppxPackage -DisableDevelopmentMode -Register "$($_.InstallLocation)\AppxManifest.xml" -verbose }
  6. Setelah instalasi selesai, restart PC dan Start Menu Anda akan berfungsi kembali.

8. Windows 10 Tidak Aktif

Masalah: Ketika saya mencoba untuk booting (atau menghidupkan) PC Windows 10 saya, saya mendapatkan kesalahan bluescreen yang menyatakan ‘‘Your PC needs to be repaired’’. Ini sebagian besar terjadi setelah mencolokkan USB flashdisk atau perangkat Android.

Solusi: Masalah ini kebanyakan terjadi karena USB flashdisk terpasang di PC Anda karena itu dapat mengubah nomor partisi hard disk, karenanya Windows Gagal menemukan file yang diperlukan dan kesalahannya. Silakan ikuti langkah-langkah ini untuk memperbaiki masalah ini:
  1. Lepaskan USB Flashdisk dari PC dan Restart
  2. Jika perlu, colokkan USB Flashdisk setelah Windows dimuat (setelah layar kunci atau desktop ditampilkan) – itu akan berfungsi
  3. Jika PC Anda masih belum menyala maka Anda mungkin harus melakukan reset Windows 10.

9. Cegah Instalasi Driver Otomatis

Masalah: Setelah upgrade PC saya ke Windows 10, OS tampaknya menginstal beberapa driver secara otomatis tanpa memberi tahu tentang paket driver. Saya ingin menonaktifkan fitur ini dan mencegah Windows mengunduh driver secara otomatis.

Solusi: Untuk mengatasi masalah ini, Anda perlu menonaktifkan fitur ini dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini:
  1. Tekan Win + E untuk membuka File Explorer
  2. Klik kanan pada ‘This PC’ dan buka Property
  3. Klik Advanced System Settings dan pilih tab Hardware
  4. Klik Device Installation Settings
  5. Pilih ‘No, let me choose what to do’
  6. Periksa opsi ‘Never install driver software from Windows Update’ dan tekan ‘Save Changes‘.
Atau, Anda dapat menonaktifkan instalasi driver otomatis dari ‘Group Policy’. Berikut caranya :
  1. Buka Start Menu dan cari “Group Policy”. Sekarang, klik pada menu “Edit Group Policy” di bagian atas.
  2. Di sini, navigasikan ke Administrative Templates → System → Device Installation → Device Installation Restrictions. Di sini, cari “Prevent installation of devices not described by other policy settings” dan buka. Biasanya, itu di bagian bawah.
  3. Sekarang, aktifkan dan klik tombol “OK“. Dan selesai.

10. Pencarian Windows Tidak Dapat Menemukan Aplikasi apa pun

Masalah: Setelah saya upgrade ke Windows 10, beberapa saat setelah update Windows 10 baru-baru ini diinstal pada PC saya, fungsi pencarian Cortana gagal menemukan aplikasi apa pun dalam sistem – bahkan Notepad atau Kalkulator yang jelas-jelas ada.

Solusi: Masalah ini pada dasarnya muncul di update Windows 10, tetapi pembaruan saat ini (Bagian ke 2) seharusnya sudah menghapusnya. Hingga update diluncurkan untuk semua orang, Anda dapat mengikuti proses di bawah ini untuk menyelesaikan masalah:
  1. Klik Ctrl + Alt + Del dan pilih ‘Task Manager’
  2. Matikan proses ‘Explorer.exe’
  3. Tekan Win + R untuk membuka dialog Run
  4. Ketik “regedit” dan tekan Enter
  5. Di editor registri, hapus kunci registri berikut: HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer\FolderTypes\{ef87b4cb-f2ce-4785-8658-4ca6c63e38c6}\TopViews\{00000000-0000-0000-0000-000000000000}
  6. Di Task Manager, buka File -> Run new task
  7. Ketik “explorer.exe” dan tekan OK
Jika masalah masih terjadi di Cortana, maka silakan lakukan ini:
  1. Tekan Win + X dan pilih ‘Command Prompt (Admin)’
  2. Ketik “start PowerShell” dan tekan Enter
  3. Jalankan perintah berikut di sana:
  4. Get-AppXPackage -Name Microsoft.Windows.Cortana | Foreach {Add-AppxPackage -DisableDevelopmentMode -Register “$($_.InstallLocation)\AppXManifest.xml”}
Masalahnya akan diperbaiki dalam beberapa waktu – coba cari sekarang

Ketika Anda di sini, Anda juga harus mempertimbangkan untuk menonaktifkan Cortana di Windows 10. Ini tidak berguna, dan sangat menghabiskan banyak baterai, dan menyebabkan banyak masalah seperti yang kita bahas di atas. Saya melakukan ini segera setelah saya mendapatkan PC baru dan Anda mungkin juga mendapat manfaat yang sama.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel