Ketahui Masalah Pada Tubuh Hanya Lewat Kaki

Terlalu keras bekerja, nutrisi yang kurang baik, atau perubahan tekanan dapat memberikan gejala pada kaki dan tungkai. Bahkan beberapa penyakit berbahaya seperti di bawah ini juga dapat diketahui hanya dari kaki. 

Apa saja penyakit yang dapat diketahui hanya lewat kaki?

1. Masalah ginjal

Ketika ginjal tidak bekerja secara semestinya, semua cairan dari tubuh tidak bisa dikeluarkan melalui urine. Hal ini dapat menyebabkan kaki bengkak. Selain itu, kaki terkadang terasa nyeri seperti kesetrum.

Tag : gejala masalah ginjal, masalah ginjal ciri, masalah ginjal ke dokter apa, masalah ginjal bengkak, masalah ginjal pada bayi, masalah ginjal pada anjing, masalah ginjal pada anak, masalah ginjal kiri, masalah ginjal bocor

2. Penyakit jantung

Jantung memiliki beberapa ruangan dan klep. Ketika ada kerusakan pada klep atau ruangan tersebut dapat mengurangi kemampuan pompa jantung. Alhasil, cairan (darah) terakumulasi pada titik terendah tubuh yaitu kaki. Selain kaki bengkak, penderita juga dapat merasakan nyeri.

Tag : penyakit jantung, penyakit jantung koroner, penyakit jantung bawaan, penyakit jantung koroner pdf, penyakit jantung koroner adalah, penyakit jantung rematik, penyakit jantung lemah, penyakit jantung bocor, penyakit jantung adalah, penyakit jantung koroner disebabkan oleh, penyakit jantung hipertensi.

3. Diabetes

Penyakit gula atau kencing manis (diabetes) juga dapat dilihat dari kaki. Gejala luka pada kaki yang susah sembuh walaupun kecil merupakan salah satu gejalanya. Penderita diabetes juga mengalami kerusakan saraf, sehingga mereka tidak merasakan nyeri pada luka-luka di tungkai.

Tag : diabetes, diabetes melitus, diabetes melitus tipe 2, diabetes melitus adalah, diabetes tipe 1, diabetes insipidus, diabetes tipe 2, diabetes adalah, diabetes melitus pdf, diabetes insipidus adalah, diabetes kering

4. Masalah hati

Organ hati adalah satu-satunya organ yang bisa menyembuhkan diri sendiri. Kerusakan organ hati biasanya menunjukkan gejala ketika sudah parah. Kaki bengkak merupakan salah satu gejala masalah hati. Hal itu terjadi akibat masalah aliran darah antara usus, limpa, pankreas, dan hati. Selain itu, terdapat tanda merah pembuluh darah seperti laba-laba (spider nevi) pada tungkai.

Tag : masalah hati dan hempedu

5. Masalah kelenjar tiroid

Kelenjar tiroid memproduksi hormon tiroid yang memiliki banyak fungsi penting bagi tubuh. Kekurangan hormon tiroid dapat memberikan gejala kaki bengkak, kaku otot, dan mudah kedinginan.

Tag : kelenjar tiroid, kelenjar tiroid menghasilkan tiroksin yang berperan, kelenjar tiroid menghasilkan hormon, kelenjar tiroid di leher, kelenjar tiroid dan paratiroid, kelenjar tiroid pdf, kelenjar tiroid pada anak, kelenjar tiroid fungsi, kelenjar tiroid pada bayi, kelenjar tiroid menghasilkan hormon tiroksin dan kalsitonin.

6. Arterosklerosis

Arterosklerosis adalah penyumbatan plak pada pembuluh darah. Aliran darah menjadi terhambat ketika terjadi penyakit tersebut, sehingga kaki bagian tubuh paling bawah mendapatkan sedikit aliran darah. Hal tersebut memberikan gejala kulit kaki pucat, nyeri, dan kelemahan otot.

Tag : aterosklerosis, arterosklerosis, aterosklerosis adalah, aterosklerosis pdf, aterosklerosis ppt, aterosklerosis penyebabnya, aterosklerosis adalah pengerasan pembuluh nadi akibat dari endapan senyawa, aterosklerosis jurnal, aterosklerosis adalah brainly, aterosklerosis merupakan salah satu kelainan pada sistem peredaran darah karena pengerasan, aterosklerosis arteriosklerosis, aterosklerosis wikipedia.

7. Insufisiensi vena

Penyakit insufisiensi vena membuat darah susah bergerak dari kaki ke jantung. Hal ini dapat disebabkan oleh katup vena yang lemah atau rusak. Hal ini membuat kaki menjadi bengkak, terasa nyeri, berat, dan berubah warna karena pigmentasi.

Tag : insufisiensi vena, insufisiensi vena kronik, insufisiensi vena adalah, insufisiensi vena kronik adalah pdf, insufisiensi vena pdf, insufisiensi vena kronis adalah, insufisiensi vena kronik jurnal, insufisiensi vena kronik pdf, insufisiensi vena kronis pdf.

8. Trombosis

Kaki bengkak sebelah atau keduanya juga merupakan gejala deep vein thrombosis (DVT). Trombosis adalah gumpalan darah di dalam pembuluh darah yang dapat menggangu aliran darah. Selain kaki bengkak, gejala lain berupa panas pada tungkai, perubahan warna kulit, nyeri, dan mudah lelah.

Tag : trombosis vena dalam, trombosis adalah, trombosis koroner, trombosit merupakan jenis gangguan sistem peredaran darah yang menyerang, trombosis adalah pdf, trombosis serebral, trombosis arteri pdf, trombosis arteri adalah, trombosis, trombosis vena profunda, trombosis serebri adalah