Apa Alasan Messi Hengkang Dari Barcelona?

Lionel Messi dikabarkan resmi pindah dari Barcelona, klub yang membesarkan namanya di dalam dunia sepakbola.

Dengan adanya kabar ini, mungkin masih banyak orang yang bertanya-tanya sebenarnya apa alasan Messi pindah dari Barcelona?

Simak fakta-fakta yang menjadi alasan Lionel Messi pindah dari klub Barcelona FC di bawah ini.

  • Kontrak Messi di Barcelona Berakhir

Perlu diketahui, kontrak Lionel Messi di Barcelona memang sudah berakhir pada 30 Juni 2021 lalu.

Dengan begitu, status bebas transfer sudah disandang oleh Messi sejak 1 Juli 2021 karena kontraknya bersama Barcelona telah selesai.

  • Keuangan Barcelona yang Menipis

Barcelona dinyatakan mengambil langkah yang cukup berani dengan tidak memperpanjang kontrak Lionel Messi.

Hal ini berkaitan juga dengan keuangan Barcelona yang tengah berada di kondisi sulit.

Baca Juga : Prediksi club yang akan menjadi pelabuhan Lionel Messi

Dengan gaji pemain berkebangsaan Argentina yang setinggi langit itu, ketidakmampuan Barcelona untuk membayar Messi dinilai menjadi salah satu alasan hengkangnya sang mega bintang tersebut.

Selain itu, Barcelona yang dikabarkan memiliki utang sebesar 1,2 miliar euro atau sekitar Rp20,34 triliun memperkuat alasan Messi pindah karena klub harus diselamatkan dari kebangkrutan.

Baca juga : Messi akan jumpa pers pada hari Minggu, 08 Agustus 2021 Jam 17:00 WIB

  • Kebuntuan Negosiasi

Negosiasi telah dilakukan antara pihak Barcelona dan Lionel Messi dengan mempertimbangkan berbagai macam aspek mulai dari pemangkasan gaji, durasi kontrak, pajak, dan sponsor.

Hal tersebut tetap menghasilkan kebuntuan bagi kedua pihak, maka dari itu Messi tetap tidak melanjutkan kontrak walaupun Barcelona sempat menawarkan perpanjangan selama dua tahun.

  • Ke Mana Messi Akan Pindah?

Dengan berbagai alasan tersebut, lantas ke mana Messi akan pindah untuk selanjutnya?

Hingga kini, belum ada kabar resmi dari klub mana pun yang akan mendatangkan pemain berusia 34 tahun ini.

Di sisi lain, kabar yang cukup naik ke permukaan yakni adanya kemungkinan Messi pindah ke klub kaya Eropa yang mampu membayarnya seperti Paris Saint Germain (PSG) atau Manchester City.

Alasan tersebut menjadi realistis mengingat sejumlah klub lain juga tentunya akan kesulitan untuk memenuhi tuntutan gaji yang tinggi dari pihak Lionel Messi.

Manchester City sejauh ini merupakan klub yang paling berpotensi memboyong Messi. Namun, juara Liga Inggris musim lalu itu baru saja mengeluarkan banyak uang salah satunya untuk mendatangkan Jack Grealish.

Bagi PSG, Messi juga berpotensi mengisi kekosongan klub tersebut mengingat perpanjangan kontrak Kylian Mbappe yang sampai saat ini masih belum ada kejelasan.

CEO Paris Saint Germain, Nasser Al Khelaifi pun pernah menyebutkan tentang kemungkinan Messi bergabung di PSG bersama Neymar dan kawan-kawan.

Namun, masalah keuangan juga menghantui PSG. Klub ini dikabarkan akan melaporkan defisit lebih dari 200 juta euro setelah mengalami defisit sekiranya 120 juta euro pada musim sebelumnya.

Adanya kabar Lionel Messi hengkang dari Barcelona ini  tentunya cukup mengejutkan bagi dunia sepakbola.

Apa pun alasan Messi pindah dari Barcelona, kita tunggu saja kelanjutan dari perjalanan sang bintang lapangan hijau ini.

Barcelona berpeluang kehilangan Lionel Messi. Ini setelah La Pulga – julukan Messi belum menemukan kesepakatan dengan Barcelona perihal kontrak.

Messi yang sekarang berusia 34 tahun menjadi pemain dengan gaji termahal di Barcelona. Fakta baru mengungkapkan, gaji La Pulga per tahun mencapai 175 juta Pounds. Angka ini setara Rp 3.5 triliun per musim.

Pandemi yang terjadi membuat Barcelona berpikir ulang mempertahankan kontrak Messi. Kas keuangan klub bisa habis jika mempertahankan La Pulga.

Presiden Barcelona – Joan Laporta juga sepakat kalau pemain yang menghabiskan kas klub perlu dipertimbangkan untuk dijual.

Indikasi penghematan Barcelona musim ini telah terlihat. Blaugrana – julukan Barcelona mendatangkan pemain dengan harga murah bahkan gratis. Gelandang Eric Garcia didatangkan gratis dari Manchester City.

Sergio Aguero dan Memphis Depay juga berstatus gratis dari Manchester City dan Olympic Lyon. Barcelona hanya mengeluarkan 8 juta Pounds atau Rp 160 miliar untuk Emerson Royal dari Real Betis.

Dengan adanya kabar Messi bebas transfer, klub kaya Eropa berpeluang mengontrak sang pemain. Manchester City dari Inggris dan PSG dari Perancis, dua klub Eropa paling berani membayar gaji mingguan Messi.

Sementara penggemar bola dunia mendambakan jika Messi memilih Juventus di Liga Italia. Duet maut antara Messi dan Ronaldo menjadi impian yang jadi kenyataan bagi penggemar sepakbola dunia.

Messi bahkan bisa menutup karir sepakbolanya dengan pulang ke Argentina. La Pulga sempat berujar kalau suatu ketika ia ingin membela kembali Newell’s Old Boys klubnya semasa kecil. Messi pernah membela klub ini musim 1995-2000.

Post a Comment for "Apa Alasan Messi Hengkang Dari Barcelona?"