Cara Merawat Aki Mobil Agar Tidak Tekor - Honda Wiltop Jambi

Honda Wiltop Jambi - Bagi Anda para pemilik mobil, ada baiknya untuk menjaga komponen aki dalam kondisi terbaiknya. Karena aki mobil merupakan salah satu komponen terpenting dalam mobil.

Fungsi utama aki adalah untuk menyuplai tenaga listrik untuk komponen mobil lainnya. Ketika aki mobil tidak berfungsi dengan baik, kenyamanan pengemudi dan penumpang mobil akan terganggu.

Dampak fatal, mobil tidak bisa digunakan dalam keadaan mendesak. Apalagi mobil tersebut beresiko mogok di jalan raya, jika kondisi aki mobil yang digunakan kendaraan kurang sehat. Lantas apa saja yang harus dilakukan agar kondisi aki mobil tetap prima dan tidak datang pendek, berikut ulasannya.

1. Perhatikan Beban

Salah satu cara merawat aki mobil yang terbaik adalah dengan memperhatikan beban penggunaan aki secara rutin. Pengecekan harus dilakukan secara rutin. Pengecekan ini berguna agar kondisi aki bisa diketahui dengan tepat. Pengecekan sendiri beban pemakaian aki bisa dilakukan di bengkel resmi Nissan terdekat di kota Anda.

2. Bersihkan Aki

Salah satu tips paling mudah dalam menjaga kondisi aki adalah membersihkan aki secara rutin. Salah satu bagian yang perlu lebih diperhatikan adalah terminal baterai. Terminal baterai biasanya tertutup debu dan kotoran.

Hal ini menyebabkan konduktivitas listrik aki ke komponen mobil terhambat. Cara termudah untuk membersihkan terminal baterai adalah dengan membersihkannya dengan sikat kawat atau sikat plastik.

3. Panaskan Mobil

Tahukah Anda bahwa memanaskan mobil adalah salah satu cara terbaik untuk menjaga kesehatan aki mobil Anda?

Meski mobil sedang tidak digunakan, memanaskan mesin mobil setiap hari adalah suatu keharusan. Mobil yang tidak pernah dipanaskan akan berdampak pada kondisi aki. Baterai akan cepat menjadi lemah dan aus. Oleh karena itu biasakan untuk menghangatkan mesin mobil Anda setiap hari minimal 5 hingga 10 menit.

4. Pastikan Ketersediaan Listrik di Aki

Menjaga catu daya pada aki adalah salah satu cara terbaik untuk merawat aki mobil Anda. Ketika Anda merasa mobil Anda mulai sulit dihidupkan, ada kemungkinan pasokan listrik pada aki mobil Anda hampir habis. Segera isi ulang catu daya mobil Anda.

5. Lepaskan Kabel Aki jika Mobil Tidak Digunakan

Jika mobil tidak akan digunakan dalam waktu yang cukup lama, sebaiknya lepaskan kabel baterai dari terminal penghubung. Hal ini bertujuan untuk menghindari aliran listrik yang terus menerus. Jika dibiarkan, aki mobil akan kelebihan beban atau aus.

6. Jangan Memilih Aki Abal Abal

Untuk kenyamanan berkendara, ada baiknya untuk selalu menggunakan baterai kering atau basah dengan kualitas terbaik. Model aki yang salah atau pemilihan aki palsu hanya akan merusak komponen lain dari mobil Anda. 

Hal ini dikarenakan aki mobil sangat erat kaitannya dengan kelistrikan mobil. Jika pasokan listrik ke komponen lain terganggu, bukan tidak mungkin komponen tersebut akan cepat rusak atau cepat bermasalah. Sumber : www.otoloka.id

 Info Pemesanan Hubungi :

Sales Resmi Honda Wiltop Jambi
Brosur & Katalog | Pricelist atau harga terbaru | Diskon / Promo / Cashback |
Info DP & Angsuran
atau
klik disini bit.ly/alkoHondaG