Jangan Main HP Disaat Cuaca Mendung Petir Bisa Menyetrum Kamu Seperti BADAI RINDU SAMA MANTAN! Berikut 5 Tips Aman Saat Bermain Smartphone

Kamu harus waspada ketika cuaca mulai mendung walaupun ada pepatah mengatakan "Mendung belum tentu hujan" atau "dekat belum tentu jadian" bisa jadi "yang pacaran belum tentu bisa lanjut ke pelaminan", SANGAT MENYAKITKAN BUKAN?.

Petir sangat berbahaya bagi kamu dan orang yang berada disekitar kamu. Bukan hanya bermain HP bahkan alat elektronik lainnya seperti laptop, komputer, televisi ataupun perangkat elektronik yang lainnya.



Pernah nggak kamu terpikirkan ataupun terbayang, BAGAIMANA SIH RASANYA TERSAMBAR PETIR?

UNDANGAN PERNIKAHAN DARI SANG MANTAN DAN KAMU DATANG, ITU LEBIH DARI SAMBARAN PETIR CUUYYY!!! 

#Justkidding Yuk kita serius!!

Mengapa demikian?
Bahaya tersebut dibuktikan banyaknya kejadian-kejadian seperti alat-alat elektronik rusak disebabkan tersambar petir ketika sedang digunakan oleh pemiliknya, dan yang lebih para lagi pernah terjadi dimana beberapa orang dilokasi yang berbeda harus kehilangan nyawanya ketika bermain ponsel saat berteduh dibawah pohon yang rimbun.

Bahaya main HP Android saat Hujan Disertai Petir, Hasil Penelitian dan Fakta

Sebuah jurnal yang dirilis oleh National Oceanic and Atmospheric Administration atau NOAA menjelaskan beberapa faktor utama yang bisa mempengaruhi lokasi tempat yang dominan bisa tersambar petir. Hal ini meneguhkan bahaya menggunakan ponsel ketika cuaca sedang buruk yakni hujan dengan petir.

Faktor faktor penyebab tersebut diantaranya adalah dipengaruhi oleh ketinggian, bentuk bangunan yang runcing dan isolasi yang bisa menjadi faktor dominan terjadinya sambaran petir. Nah, dari Handphone sendiri terdapat yang namanya komponen logam.


Komponen logam tersebut memang ada yang bisa menangkap sinyal seperti gelombang elektromagnetik sampai menghasilkan yang namanya medan magnet. Namun, meskipun demikian sebenarnya kandungan logam dalam HP tersebut tidaklah mampu untuk memicu terjadinya sambaran petir.

Seorang peneliti di bidang perubahan cuaca berkomentar bahwa benda logam kecil seperti halnya perhiasan atau barang lainnya bukanlah penyebab petir menyambar ke area tersebut. Orang orang yang tersambar petir sebenarnya sedang berada di tempat dan waktu yang salah. Seperti berada di luar ruangan dan atau tempat tinggi yang dapat memicu sambaran petir.

Tokoh terkemuka profesor kedokteran juga mengemukakan hal serupa. Dalam hal ini sambaran petir bisa menghantui orang orang pengguna ponsel sebagai mitos yang dipercayai kebenarannya. Padahal berdasarkan penelitian dan fakta yang ditemukan akibat sambaran petir bukanlah berasal dari penggunaan perangkat elektronik.

Tips Aman Tidak Tersambar Petir

1. Tetap Berada Didalam Ruangan Rumah / Bangunan
Mencari tempat untuk berlindung, khususnya ketika kamu mungkin sedang berada di luar ruangan. Tempat berlindung yang sebaiknya kamu pilih adalah bangunan seperti gedung, toko maupun rumah. Jangan pernah berteduh atau berlindung dibawah pohon, sebab seringkali dalam beberapa situasi petir menyambar pohon.

2. Jangan Menginjak Lantai Atau Tanah Tanpa Beralas Kaki
Apabila kita berada di dalam ruangan, maka tidak masalah kalau kita tidak menggunakan alas kaki. Namun, patut untuk jadi perhatian adalah selalu gunakan alas kaki ketika Anda akan keluar ruangan. Mengapa? Sebab bisa saja petir menyambar dengan cepat di tanah tempat kita berpijak. Berjalan tanpa alas kaki bisa membuat kita tersambar dari dalam tanah.

3. Jangan berenang
Berenang adalah olahraga yang sangat menyenangkan. Tapi tidak halnya ketika cuaca sedang buruk atau bahkan hujan petir. Sebaiknya hentikan kegiatan berenang kamu. Mengapa demikian? Sebagaimana yang kita tahu air sifatnya menghantarkan arus listrik jadi bisa saja sambaran petir bisa menyambar lewat air.

4. Jangan gunakan telepon kabel atau rumah
Saat adanya petir yang menyambar sebaiknya jangan gunakan telpon kabel atau telpon rumah. Sebagaimana yang sudah kita bahas telpon rumah bisa lebih berbahaya dari pada penggunaan ponsel. Untuk lebih aman, sebaiknya memang kamu tidak perlu menggunakan perangkat elektronik apapun jika tidak benar benar mendesak.

5. Jauhi tempat terbuka
Saat kamu sudah melihat tanda tanda hujan lebat dengan kilatan petir, sebaiknya Anda menjauhi tempat tempat terbuka seperti halnya taman, lapangan, sawah. Umumnya petir juga akan mencari tanah untuk melepaskan energinya. Sesuai dengan poin pertama dalam tips ini carilah bangunan yang aman seperti rumah atau toko.

Inilah uraian singkat seputar informasi terkait hubungan antara penggunaan barang elekronik dengan petir yang bisa saja menyambar. Kamu sekarang sudah mengetahui dengan jelas apa bahayanya bermain HP, laptop, komputer dan televisi di saat hujan dan petir yang menyambar. Dengan mengetahui hal ini kamu dibekali pengetahuan seputar keamanan di dalam rumah serta lingkungan sekitar.

0 Response to "Jangan Main HP Disaat Cuaca Mendung Petir Bisa Menyetrum Kamu Seperti BADAI RINDU SAMA MANTAN! Berikut 5 Tips Aman Saat Bermain Smartphone"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel